Siswa SMP Muhammadiyah PK Ikuti Doa Bersama Online dan Galang Dana Peduli Merapi

Print Friendly and PDF

Bapak dan ibu guru saat melaksanakan sholat dhuha dilanjutkan doa bersama.

Siswa SMP Muhammadiyah PK Ikuti Doa Bersama Online dan Galang Dana Peduli Merapi

Solo- majalahlarise.com -Sebagai wujud kepedulian terhadap pengungsi erupsi Gunung Merapi maka IPM SMP Muhammadiyah PK menggelar acara doa bersama sekaligus penggalangan dana secara daring (online) pada Sabtu (5/12/2020). Aksi tersebut diikuti oleh ratusan siswa melalui zoom meeting dan youtube sekolah, PK TV.

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengatakan acara tersebut merupakan bentuk kepedulian para siswa SMP Muhammadiyah PK terhadap kondisi nasib para pengungsi Gunung Merapi yang harus berjuang di tengah pandemi.

“Para siswa meluangkan waktu di tengah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal secara daring untuk melakukan aksi kepedulian ini. Sungguh kegiatan yang positif apalagi melihat status Gunung Merapi yang sudah siaga level 3 sehingga memaksa warga radius 5 KM untuk mengungsi,” jelas Aryanto kepada media.


Baca juga: Fakultas Hukum Unisri Gandeng KPK dan Ditjen Imigrasi Gelar KKL Daring

Lebih lanjut, Aryanto menjelaskan kegiatan ini diikuti 270 siswa kelas 7, 8, dan 9 mengikuti rangkaian acara dari rumah masing-masing melalui zoom meeting dan youtube sekolah. 

“Para siswa mengikuti kegiatan mitigasi bencana, sholat dhuha, dan doa bersama dari rumah masing-masing secara khusyuk,” papar Aryanto. 

Mitigasi bencana disampaikan oleh aktivis pengurangan risiko kebencanaan, Miftahul Arozaq. Pembicara yang juga guru IPS tersebut mengajak kepada para siswa mengenal tanda-tanda aktivitas gunung yang akan meletus. Kemudian, ia menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan ketika gunung meletus seperti tidak panik, jauhi wilayah rawan bahaya, dan memakai masker untuk mengantisipasi debu.


Baca juga: Pengurus Persambi Kota Surakarta Masa Bakti 2020-2024 Dilantik

“Tanda-tanda erupsi gunung seperti suhu udara naik, mata air kering, sering terjadi gemuruh, tumbuhan layu, dan hewan-hewan mulai melakukan migrasi,” papar Miftahul Arozaq kepada para siswa.

Setelah para siswa melaksanakan sholat dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin Ustaz Muhammad Arif Wicagsono. Doa bersama diikuti siswa dan guru secara khusyuk agar warga yang terdampak erupsi Gunung Merapi mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Sebagai puncak acara, ketua IPM SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Reyhan mengajak kepada semua siswa untuk menyisihkan rezeki dengan berdonasi pada rekening Lazis SMP Muh PK nomor rekening rekening Bank Mandiri: 138-00-0086700-7 atas nama SMP Muhammadiyah Program Khusus. Hasil penggalangan dana akan disalurkan kepada korban pengungsian melalui LazisMu Kota Surakarta.

“Harapan kami semoga kegiatan penggalangan dana dan doa bersama bisa membantu meringankan beban para pengungsi erupsi Gunung Merapi,” tandas Reyhan. (Sofyan)


Baca juga: Perguruan Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Gelar Tafakur ke-20 Secara Virtual



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top