MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Print Friendly and PDF

MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Oleh : Siti Paticha, S.Pd

SDN Cilacap 08, Cilacap Jawa Tengah

Siti Paticha, S.Pd


       Pendidikan merupakan media yang sangat berperan untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi, kualitas pendidikan disesuaikan perkembangan zaman. Semua potensi yang dimiliki oleh peserta didik selaku generasi penerus bangsa akan maju dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing melalui aktifitas belajar di sekolah sehingga apa yang menjadi tujuan belajar tersebut dapat tercapai yang terwujud dalam suatu hasil belajar. Pembelajaran sains diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Sains merupakan mata pelajaran yang dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep-konsep yang terorganisasi dengan alam sekitar. 

       Berdasarkan identifikasi masalah, terungkap bahwa selama proses mengajar sains, aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya aktivitas yang dimaksud adalah keaktifan siswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya, mengemukakan pendapat, dan kurangnya keberanian serta keterampilan siswa alam mengungkapkan pendapatnya. Selain itu, guru kurang melakukan variasi dalam pembelajaran, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan selama ini masih didominasi metode ceramah dan cenderung berpusat pada guru. Guru menjadi satu-satunya sumber informasi dimana guru lebih aktif dibandingkan siswa (teacher centred). Untuk mengatasi permasalahan menetapkan suatu usaha yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik menciptakan situasi dan kondisi yang membuat siswa terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung. 

       Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains khususnya pada materi mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan, maka guru harus merancang strategi pembelajaran yang baik sebelum proses pembelajaran dimulai, dan guru juga harus bisa menggunakan model pembelajaran yang menarik, dapat mengaktifkan siswa dalam belajar serta tujuan dan hasil belajar tercapai sesuai keinginan. 

       Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diperlukan upaya dalam pengembangan dalam memilih dan menetapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai. Pada materi ini, model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi. Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif.

       Model pembelajaran picture and picture ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dalam pembelajaran model ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran, gambar-gambar dipasangkan/ diurutkan menjadi urutan yang logis. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan model pembelajaran picture and picture ini maka guru harus dapat meningkatkan pemahaman terhadap gambaran yang sebenarnya, yang telah dijelaskan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

       Langkah-langkah dalam model pembelajaran picture and picture guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai,menyajikan materi sebagai pengantar, guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi, guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis, guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran urutan gambar tersebut dari alasan atau urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep kemudian menarik kesimpulan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top