Himagiri UNS dengan Bintang Timur Foundation (BTF) Lakukan Reboisasi di Gunung Brojo Purwantoro

Print Friendly and PDF

 

Himagiri UNS dengan Bintang Timur Foundation (BTF) saat foto bersama.

Himagiri UNS dengan Bintang Timur Foundation (BTF) Lakukan Reboisasi di  Gunung Brojo Purwantoro

Wonogiri- majalahlarise.com -Himpunan Mahasiswa Wonogiri (Himagiri) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkolaborasi dengan Bintang Timur Foundation (BTF) melakukan reboisasi hutan di Gunung Brojo yang terletak di Dusun Wotglinggang, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. 

Dian Nugroho, CEO dan Founder BTF menjelaskan bahwa program ini dapat berjalan sebagai wujud realisasi program kerja bidang sosial masyarakat Himagiri UNS yang bekerja sama dengan BTF.

“Ini Proker dari Bidang Sosma Himagiri UNS bernama Himagiri Mengabdi yang bekerja sama dengan BTF. Kali ini kami menyasar hutan Gunung Brojo. Mengingat hutan ini sebagai sumber daya alam masyarakat sekitar, salah satunya mata air di mana kalau musim kemarau air disini agak susah, hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan reboisasi semoga menjadi salah satu solusi,” terang Dian yang juga merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa UNS, Selasa (8/12/2020).


Baca juga: Majukan Pendidikan Vokasi, UNS Tanda Tangani MoU dengan Yayasan Pendidikan Pancasila

Dinas Kehutanan Cabang XI Jawa Tengah yang berlokasi di Wonogiri pun turut memberikan sumbangsih berupa bibit tanaman yang berjumlah 250 bibit yang terdiri dari trembesi sebanyak 100 bibit, gayam berjumlah 50 bibit, sirsak sebanyak 25 bibit, jambu biji sejumlah 25 bibit, rambutan sebanyak 25 bibit dan pete sejumlah 25 bibit.

Dalam eksekusinya, Dian mengaku, mereka hanya memilih bibit-bibit yang baik untuk ditanam. Selain menanam bibit pohon, Himagiri UNS dan BTF juga mengajarkan cara menanam bibit yang benar kepada anak-anak binaan BTF.

Selanjutnya, Himagiri UNS beserta BTF akan menjalin kerja sama dengan warga Desa Joho sebagai bentuk kegiatan lanjutan pada waktu mendatang. Dengan adanya kegiatan ini, Dian mewakili BTF dan Himagiri UNS berharap agar Himagiri UNS dan BTF dapat bersinergi untuk memajukan Wonogiri.

“Semoga dengan acara ini, Himagiri UNS dan BTF semakin bersinergi untuk memajukan Wonogiri dari segi apapun, ya salah satunya reboisasi ini. Di mana dari hasil reboisasi ini semoga berdampak baik kepada alam hutan Gunung Brojo agar kelak sumber air semakin bagus dan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan baik,” pungkas Dian. (Hum/Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa Fakultas Hukum Unisri Dibekali Personal Branding


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top