TUMBUHKAN IMAJINASI DAN KEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MEMBUAT POSTER PENCEGAHAN COVID -19

Print Friendly and PDF

TUMBUHKAN IMAJINASI DAN KEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MEMBUAT POSTER PENCEGAHAN COVID -19

Oleh: Edy Sunarso, S.Pd

Guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri

Edy Sunarso, S.Pd

       Salah satu cara yang dilakukan untuk menumbuhkan imajinasi dan mengembangkan kreativitas peserta didik adalah dengan membuat poster yang bertema pencegahan Corona Virus. Kegiatan pembuatan poster dilaksanakan sebagai tugas dengan sistem  pembelajaran daring semasa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di SMP Negeri 1 Jatiroto. Peserta didik diminta membuat Poster pencegahan COVID-19 di rumahnya masing – masing sebagai bahan tugas materi pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Rupa kelas VIII semester Gasal.  Guru Seni Budaya membimbing kegiatan pembuatan Poster secara daring kepada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiroto.

       Poster memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis media informasi lainnya. Ciri poster diantaranya dibuat dengan desain grafis yang berisi komposisi teks dan gambar dengan media kertas atau kain yang berukuran khusus dan tidak mudah rusak. Ciri yang lain dari poster adalah biasanya ditempel atau dipasang pada dinding dengan permukaan datar atau tempat umum lainnya sehingga menarik perhatian publik.

       Menurut Arsyat (2007) pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaian pesan – pesan tertentu, serta mampu mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya. Sedangkan menurut Sudjana dan Rivai (2005:51) pengertian poster adalan rancangan kombinasi visual yang kuat dan tersusun dari beberapa warna dan pesan yang bertujuan untuk menarik perhatian banyak orang, namun hanya sebatas untuk didingat. Jika orang yang melihat sebuah poster lama dalam menangkap pesan dari poster maka akan semakin lama dia mengingatnya.

       Seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiroto antusias membuat Poster dan saling berlomba – lomba untuk memperbagus baik tampilan maupun pesan yang berada pada Poster yang mereka buat. Meski pembelajaran masih dilakukan secara daring peserta didik sebagian besar sudah mengumpulkan tugas poster. Berbagai variasi muncul dan peserta didik lebih bisa dalam mengekspresikan gambar Poster karena mereka memiliki waktu lebih lama daripada membuatnya di sekolah saat pembelajaran luring. 

       Pembuatan Poster dengan tema pencegahan COVID-19 selain menumbuhkan imajinasi dan kreativitas siswa juga dapat mengingatkan peserta didik tentang bahaya dari virus COVID-19 sekaligus pentingnya budaya hidup bersih, tidak berkerumun dan selalu jaga jarak. Hasil pembuatan Poster ini dapat membantu pemerintah dalam upaya pencegahan virus COVID-19 yang menggemparkan seluruh dunia. Virus COVID-19 menjadi trending topik di semua media baik media sosial, televisi dan berita di seluruh dunia mengabarkan mengenai virus corona dan penanggulangannya.

       Hasil kegiatan pembuatan Poster ini dikirim berupa foto ke guru mata pelajaran Seni Budaya, ternyata peserta didik sangat kreatif dalam mengembangkan dan berimajinasi tentang tema tersebut. Kegiatan pembuatan Poster tidak lepas dari peran orang tua yang membimbing anak – anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.  Dengan didampingi orang tua dalam PJJ hasil dari pembuatan poster lebih maksimal. Waktu yang diperlukan setiap siswa dalam pembuatan poster berbeda – beda ada yang 1 hari, 2 hari bahkan ada yang 1 minggu. 

       Dari kegiatan pembuatan Poster tersebut penulis mengajak kepada semua pembaca untuk selalu waspada di masa pandemi Covid-19. Jangan lupa selalu memakai masker, cuci tangan, jangan berkerumun dan selalu jaga jarak. Dari pembuatan Poster ini penulis berharap dapat memacu imajinasi dan kreativitas peserta didik seluruh Indonesia dan terkhusus peserta didik di SMP Negeri 1 Jatiroto. (*)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top