Tim RISPRO-LPDP Univet Bantara Menggelar Sosialisasi Penelitian Kepada Guru

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi RISPRO-LPDP.


Tim RISPRO-LPDP Univet Bantara Menggelar Sosialisasi Penelitian Kepada Guru

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sebanyak 28 guru dan 5 Kepala Sekolah Dasar (SD) di Gugus Cempaka Kecamatan Sukoharjo mengikuti kegiatan sosialisasi meningkatkan kompetensi guru, merdeka belajar dan membangun learning community melalui implementasi lesson study yang diselenggarakan tim RISPRO-LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Senin (9/11/2020) bertempat di Hotel Tosan Solo Baru.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo), Sri Hadiyatmini, M.Pd (Pengawas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kecamatan Sukoharjo), Dr. Hobri, M.Pd (Dosen di Universitas Jember) dan Dr. Agus Muji Santoso, M.Si (Dosen di Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Ketua tim peneliti, Dr. Herry Agus Susanto, M.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan dari serangkaian kegiatan riset inovatif dan produktif dari LPDP tahun 2020 bertujuan meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan pemahaman merdeka belajar dan membangun learning community.


Baca juga: Bappelbangda Subosukawonosraten Gelar FGD Wirausaha

“Target yang ingin dicapai dalam penelitian ini tersusunnya pedoman pelaksanaan lesson studi bagi sekolah di Kabupaten Sukoharjo, tersusunnya naskah kebijakan pelaksanaan lesson study di sekolah, dan terbentuknya learning community di Kabupaten Sukoharjo,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada implementasi lesson study yang disebut dalam satu siklus ada plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi) yang dikenal dengan planing do see. Setiap tim lesson study (LS) akan didampingi oleh pendamping dari para dosen. 

“Kami membentuk tiga tim lesson study kita beri nama tim LS kelas 3, tim LS kelas 4 dan tim LS kelas 5. Setiap tim ada sembilan sampai sepuluh orang peserta dari 28 guru,” ujarnya.

Kemudian, Pria yang juga menjabat Wakil Rektor 1 Univet ini berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dan kegiatan lanjutan secara berkesinambungan, meningkatkan kegiatan kerjasama antara Univet dan Pemda Sukoharjo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan lesson study merupakan bagian kegiatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pembelajaran.


Baca juga: Fakultas Pertanian Unisri Gelar Seminar Internasional ICETVE 2020

Sementara itu, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.Pd menyampaikan program penelitian yang diselenggarakan Univet dengan mitra dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo berupa penerapan lesson study untuk meningkatkan kompetensi guru, memahamkan merdeka belajar dan membentuk learning community bagi para guru.

“Kegiatan ini menjadi penting karena kompetensi guru memang harus meningkat dengan berbagai metode bisa diterapkan. Kita menerapkan lesson study. Kemudian medeka belajar ini merupakan peraturan baru tahun 2020 yang belum semua guru paham tentang mendeka belajar. Sehingga pembelajaran di SD banyak keluhan seperti guru kecapekan, murid kebingungan biar paham yang nantinya bisa merancang sebuah pembelajaran yang pas dengan suasana pandemi,” jelasnya.

 Terkait dengan pembentukan learning community, Prof Ali Mursyid mengatakan dapat meningkatkan kompetensi dari pada anggota komunitas bisa saling melengkapi kekurangan ketrampilan dan kemampuan guru dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini nanti akan menjadi model pembelajaran bagi para guru terlebih ini program RISPRO-LPDP 2020 ada 34 judul yang didanai kementrian keuangan itu hanya satu judul yang menyangkut tentang pendidikan. Maka ini saya anggap penting penelitian ini. Mudah-mudahan bisa menjadi model secara nasional,” harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top