QUIZIZZ TINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGATASI ANCAMAN TERHADAP NKRI

Print Friendly and PDF

QUIZIZZ TINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGATASI ANCAMAN TERHADAP NKRI


Oleh: Suheti Priyani, S.Pd

Guru Mapel PP-KN SMAN 1 Pracimantoro, Wonogiri

Suheti Priyani, S. Pd


       Covid-19 sampai saat ini menyebar hampir di seluruh penjuru dunia sehingga WHO menetapkan wabah ini sebagai pendemi global. Semua negara termasuk di Indonesia merasakan dampak dari pendemi ini dalam segala bidang kehidupan antara lain dibidang pendidikan yang menyebabkan perubahan sistem pendidikan di Indonesia. Sejak bulan Maret 2020, untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan kegiatan pendidikan tetap dapat dilaksanakan maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menetapkan kebijakan pembelajaran dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan dengan sistem online atau sistim dalam jaringan (daring). Sarana pembelajaran jarak jauh memerlukan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone, komputer/laptop, dan internet, sehingga baik guru dan peserta didik dituntut untuk menguasai penggunaan teknologi tersebut untuk memperlancar proses belajar mengajar.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menimbulkan beberapa kendala antara lain kejenuhan baik dari peserta didik maupun guru. Hal tersebut juga dialami di SMA Negeri 1 Pracimantoro. Oleh karena itu diperlukan kreativitas guru untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menggunakan media yang sesuai untuk pembelajaran jarak jauh sehingga dapat menciptakan suasana yang asyik, menarik dan menyenangkan maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Menurut Abdulhak dan Rochmah (2002: 13) menyatakan bahwa: “Media dapat dipandang sebagai alat dan bahan yang digunakan guru/instruktur atau sumber belajar lainnya untuk memudahkan proses belajar siswa. Melalui media siswa dapat memperoleh pesan, memperkuat dan memperluas pengetahuan.” Media Quizizz dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan materi PP-KN kelas XI K.D 3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Quizizz merupakan salah satu media pembelajaran berbasis digital dan online yang terdiri dari fitur kuis, survey, game maupun diskusi. Quizizz sendiri didiskripsikan sebagai sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat dijalankan menggunakan smartphone/gawai dan dapat diakses melalui website www.Quizizz.com. Quizizz telah ada sejak tahun 2015 dan merupakan permainan multiplayer yang dapat digunakan guru untuk melakukan evaluasi/penilaian hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh.

Berikut langkah-langkah menggunakan media quizizz dalam pembelajaran: 1) Membuat akun dan soal di quizizz dengan masuk ke www.quizizz.com lalu sign up, masukkan akun google atau email kita, pilih peran sebagai guru dan lengkapi data, klik open quiz creator isikan nama kuis kemudian buatlah pertanyaan, pilihan jawaban, dan mengatur jawaban yang benar, “Question preview” akan menampilkan soal yang sudah dibuat, bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai,  pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subject atau mata pelajaran, klik finish and create quiz, setting kuis dan klik proceed. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada peserta didik dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa di acak dan disetting waktunya, kemudian meminta siswa untuk klik join.quizizz.com di browser smartphone-nya masing-masing dengan memasukkan 6 digit kode yang dishare guru melalui grup whatsApp kelas/classroom, kemudian peserta didik diminta menuliskan nama lalu  mengerjakan soal, bisa juga dengan klik aplikasi quizizz yang sudah di install melalui playstore dengan memasukkan kode game dan nama mereka. Peserta didik yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop guru. 3) Pada akhir kuis, peserta didik dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal, guru dapat mengetahui peserta didik yang menjawab benar atau salah, dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah.

Dampak positif penggunaan Quizizz antara lain: hasil evaluasi dapat diketahui secara langsung baik oleh peserta didik maupun guru, ada grading otomatis untuk guru (analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel berupa laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar salahnya, serta prosentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa). Penggunaan media quizizz dapat meningkatkan antusiasme belajar karena sifatnya bermain interaktif online yang disertai suara musik dan gambar-gambar yang menarik/lucu sehingga membuat peserta didik tidak lagi merasa jenuh maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Mengatasi Ancaman Terhadap NKRI pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Pracimantoro pada mata pelajaran PP-KN. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top