PKBM Kridha Wiyata Pracimantoro Raih Juara 1 Lomba GP3M tahun 2020

Print Friendly and PDF

 

Pokjar Ngudi Lestari

PKBM Kridha Wiyata Pracimantoro Raih Juara 1 Lomba GP3M tahun 2020

Wonogiri- majalahlarise.com -Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kridha Wiyata Kecamatan Pracimantoro berhasil meraih juara 1 dalam lomba Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri GP3M tahun 2020. Lomba ini dilakukan secara virtual dari studio 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri. Selasa (10/11/2020) pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Lomba yang mengusung visi "Terwujudnya masyarakat yang berakhlak mulia, berbudu pelerti luhur, cerdas, terampil, mandiri, berdaya saing, dan gemar membaca" ini diikuti oleh 10 PKBM yang berada di Kabupaten Wonogiri. Dengan berbagai keterampilan dan kerajinan yang dilakukan oleh para perempuan.

Pokjar Wargantoro

Baca juga: LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19

Ketua PKBM Kridha Wiyata Sunardi, S. Pd, M.M menyampaikan PKMB memberikan bekal keterampilan bagi kelompok belajar dan memberikan alternatif pendapatan bagi dirinya sendiri atau bagi keluarga.

"Lomba yang dilaksanakan oleh PKBM Kridha Wiyata berlokasi di Gedung Sasana Wiyata Mandala Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. PKBM Kridha Wiyata menampilkan 4 kegiatan dari dua pokjar," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, pokjar Ngudi Lestari mengadakan pelatihan kerajinan pembuatan blangkon dan keset, sedangkan pokjar Wargantoro membuat keterampilan membuat aneka minuman sari segar wangi dan aneka roti. Dari masing-masing pokjar, kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta perempuan yang berada dikalangan pokjar Ngudi Lestari dan Pokjar Wargantoro. Dilaksanakan mulai tanggal 9 September 2020 sampai dengan10 November 2020. Setiap pertemuan menggunakan waktu kurang lebih 6 jam. Pelatih yang dipanggil sudah profesional.

Pokjar Kridatama

Baca juga: TUMBUHKAN IMAJINASI DAN KEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MEMBUAT POSTER PENCEGAHAN COVID -19

Sementara itu, Ketua pokjar Ngudi Lestari Sugino, S.Pd., M.M memaparkan pelatihan keset dan blangkon dalam membuat sangat mudah, selain itu bahan dapat dijangkau di daerah Pracimantoro. Hasil buatan ibu-ibu dapat disalurkan di pelatih yang akan disetorkan ke Surakarta dan Yogyakarta.

Sedangkan ketua Pokjar Wargantoro, Wiyono, S. Pd., M.Pd. mengatakan pada masa pandemi ini menciptakan life skill bagi ibu-ibu dengan membuat sari minuman wangi dan roti. "Dengan demikian perempuan bisa membantu ekonomi keluarga," ungkapnya

Hasil lomba Gebyar GP3M yaitu lomba PKBM sebagai juara 1 dari PKBM Kridha Wiyata Pracimantoro, juara 2 dari PKBM Wiyata Giri Mulya Giriwoyo, dan juara 3 dari PKBM Citra Giri Ngadirojo. (Sofyan)


Baca juga: Karakter Kepahlawanan Slamet Riyadi Cocok Ditetapkan Di Kampus Merdeka



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top