PENGGUNAAN WAG DAN GC MEMUDAHKAN PJJ MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XI MIPA SMAN 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN WAG DAN GC MEMUDAHKAN  PJJ MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XI MIPA SMAN 1 PRACIMANTORO


Oleh: Dra. Esthi Darmawanti, M.M

Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri


Dra. Esthi Darmawanti, M.M


       Mata pelajaran matematika di sekolah tidak disukai oleh kebanyakan peserta didik. Tetapi seorang guru seharusnya mesti tetap bersemangat, berbenah diri, percaya diri serta berupaya menemukan berbagai teknik maupun metode agar dapat mengantarkan peserta didik menjadi suka dan tertarik pelajaran matematika. Beberapa alasan yang membuat pelajaran hitung menghitung ini dihindari peserta didik karena dirasa menakutkan mulai dari buku ajar, penampilan guru serta cara mengajar guru sering cenderung sulit dipahami yang menjadikan siswa apatis. Anggapan seperti itu sampai saat ini masih terjadi dari dulu belum berubah.

       Ada tujuan khusus pentingnya pelajaran matematika diajarkan kepada peserta didik yaitu agar peserta didik dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini mulai pengamatan terhadap benda-benda konkret, gambar-gambar atau angka-angka yang ada di sekitar lingkungan kita. Tentu saja seorang guru perlu memiliki kiat khusus supaya peserta didik tumbuh rasa senang dan tertarik pada pelajaran matematika. Untuk itu sebaiknya seorang guru menggunakan pendekatan khusus atau metode tertentu dalam proses kegiatan belajar mengajar.

      Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi diberbagai negara belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia. Pandemi ini membawa perubahan diberbagai bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Selama pandemi berlangsung sampai saat ini proses kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yang semula menggunakan sistem tatap muka berubah dan diterapkan pembelajaran dari rumah dengan program pembelajaran jarak jauh ( PJJ). Program PJJ ini menimbulkan dampak pembelajaran di SMA Negeri 1 Pracimantoro tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi menyebarnya Covid-19. Demikian juga dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika Peminatan kelas XI MIPA K.D. 3.1 Sistem Pertidaksamaan Trigonometri Tiga Variabel diterapkan dengan PJJ atau di rumah saja. 

       Program PJJ ini guru maupun peserta didik tertantang untuk melaksanakannya secara baik maka memerlukan sarana tepat menggunakan aplikasi yang bisa digunakan secara lancar. Guna membantu sistem PJJ tersebut penulis selaku guru matematika menggunakan Aplikasi Google Classroom (GC).

       Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu diawali komunikasi dengan peserta didik melalui aplikasi di whatsapp grup kelas (WAG). Sebagai pendahuluan mengajar yakni dengan melihat kesehatan dan kondisi peserta didik.  Dilanjutkan mengajak dan mengingatkan untuk berdoa. Kemudian mengingatkan kembali pelajaran yang sudah dipelajari di minggu sebelumnya, beserta membahas soal-soal yang sudah dikerjakan serta memberi nilai untuk peserta didik yang jawabannya benar. Sehingga siswa termotivasi untuk belajar materi sistem pertidaksamaan dengan rasa senang dan tidak terpaksa. 

       Dengan adanya semangat yang telah mereka dapatkan, kemudian penulis mengajak peserta didik menuju Google Classroom (GC) untuk mempelajari materi Sistem Pertidaksamaan Trigonometri dengan Tiga Variabel. Dalam proses pembelajaran menggunakan GC pun pembelajaran bisa dilaksanakan dengan komunikasi seperti di WA. Bagi peserta didik yang kurang faham bisa dikomunikasikan, tugas pun bisa terlaksana dengan baik. Sehingga mata pelajaran matematika peminatan bisa berjalan dengan lancar tidak begitu terkendala, walaupun dikerjakan dari rumah dengan PJJ.

      Dari pemaparan tersebut, penulis dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi whatsapp grup kelas (WAG) dan Google Classroom (GC) dapat mempermudah PJJ dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pracimantoro menjadi lebih senang belajar matematika peminatan. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top