PEMBELAJARAN ART INTEGRATION PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Print Friendly and PDF

PEMBELAJARAN ART INTEGRATION PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Oleh: Dedi Junianto, S.Pd

Guru Seni Budaya SMK Negeri 4 Surakarta

Dedi Junianto, S.Pd


       Guru dalam mengajar di masa pandemi Covid-19 ini haruslah aktif dan kreatif. Pembelajaran di masa pandemi ini mengandalkan pembelajaran secara online membuat guru harus berfikir bagaimana menyampaikan materi secara jelas dan singkat. Hal ini memicu guru untuk mencoba menganalisis pembelajaran baik dari materi maupun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. 

       Pembelajaran seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan empat bidang seni antara lain seni rupa, seni musik, seni tari dan seni teater. Keempat seni harus diajarkan ke peserta didik walaupun hanya kulit luarnya saja. Hal ini membuat guru berpikir bagaimana bisa mengajarkan pada satu kegiatan tetapi dapat memuat pembelajaran lebih dari satu cabang seni. 

       Penulis sebagai guru mata pelajaran seni budaya menggunakan pembelajaran model Art Integration. Art Integration adalah pembelajaran  yang memadukan konten dan keterampilan dari salah satu cabang seni (Rupa, Musik, Tari  atau Teater) dengan cabang seni yang lain atau subyek akademik yang lain. Sebagai contoh dalam latihan teknik vocal dalam teater sama dengan latihan teknik vocal pada bernyanyi, meteri tersebut bisa di tambahkan dengan materi penguasaan panggung pada saat bernyanyi dan bloking panggung pada teater. Sehingga dalam kedua materi tersebut bisa disampaikan dalam satu kesempatan. Contoh lain adalah peserta didik membuat komposisi lagu dengan tema nasionalisme yang dapat dipadukan dengan materi alur cerita pada teater, sehingga siswa dapat membuat lagu nasional yang bercerita atau memiliki alur. 

       Pada saat ini pembelajaran seni budaya di SMK Negeri 4 Surakarta juga menggunakan metode pembelajaran Art Integration  yaitu pada kompetensi dasar memahami keindahan dan menganalisis jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara. Disini guru memberikan satu pembelajaran dengan metode Art Integration antara materi menganalisis jenis, fungsi, unsur seni dan keindahan seni teater, musik, tari. 

       Dalam pembelajaran ini guru menampilkan video sendra  tari Ramayana. Melalui cara ini peserta didik menganalisis jenis, fungsi, unsur seni dan keindahan ketiga seni tersebut. Dalam hal ini guru sudah menerapkan integrasi dalam satu kegiatan dapat menganalisi ketiga cabang seni tersebut.  Kegiatan pembelajaran ini sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19 saat ini karena dapat menyingkat waktu dalam proses pembelajaran dikarenakan tidak dapat bertatap muka dengan peserta didik. 

       Art Integration ini juga dapat digabungkan dengan mata pelajaran yang lain, sebagai contoh mengintegrasikan seni musik dengan pelajaran matematika. Disini peserta didik bisa diajarkan membuat lagu yang bersyairkan rumus-rumus matematika.

       Dari pemaparan di atas, penulis dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model Art Integration pembelajaran jarak jauh (PJJ) semakin mudah, membuat peserta didik semakin kreatif dalam berkarya serta mampu mengembangkan bakat seni dan budaya yang dimiliki peserta didik disaat pandemi Covid-19. (*)  


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top