PEMANFAAT APLIKASI WORDWALL UNTUK PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN YANG LEBIH INTERAKTIF

Print Friendly and PDF

PEMANFAAT APLIKASI WORDWALL UNTUK PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN YANG LEBIH INTERAKTIF

Oleh : Deny Istnaeni, S.Pd

Guru Mapel Akuntansi Keuangan SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen Jawa Tengah

Deny Istnaeni, S.Pd


       Menindaklanjuti surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor: 443.2/08991 tentang Pengaturan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada SMA, SMK, dan SLB Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 ditengah wabah COVID-19, bahwa  untuk pembelajaran dilakukan secara jarak jauh.

       Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan salah satu alternatif yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Untuk menyikapi hal tersebut, sebagai guru dituntut untuk berpikir lebih kritis dan inovatif dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Karena meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, diharapkan pembelajaran bisa dilaksanakan secara optimal dan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini, penggunaan handphone, laptop serta koneksi internet sangat dibutuhkan sekali.  Aplikasi yang bisa kita gunakan di saat PJJ ini antara lain Whatsapp, Googgle Clasroom, Zoom, Gmeet, dan lain sebagainya. Akan tetapi, penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut juga disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana masing-masing sekolah.

       Pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan kelas 11 pada kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Tamtama Karanganyar terdapat materi tentang Utang Jangka Pendek. Utang jangka pendek adalah utang yang diharapkan dapat dibayar dalam jangka waktu satu tahun atau satu siklus operasi normal perusahaan. Supaya pembelajaran jarak jauh ini tidak membosankan, guru menggunakan aplikasi WordWall. 

       Aplikasi WordWall adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan 18 template yang bisa digunakan untuk membuat kuis, menjodohkan, acak kata, memasangkan, pencarian kata, mengelompokkan dan lain-lain. 

       Dalam proses pembelajaran dengan aplikasi WordWall dengan konten pencarian kata ini, pembelajaran akan lebih menarik, mengasyikkan, dan lebih interaktif. Sebelum memulai menggunakan aplikasi tersebut, guru akan mengirimkan link game WordWall di google clasroom yang nantinya akan bisa diakses oleh siswa. 

       Berikut ini merupakan contoh link media yang saya buat dengan menggunakan aplikasi WordWall  https://wordwall.net/resource/25759204 pada mapel Akuntansi Keuangan kelas 11. Dalam aplikasi tersebut, saya menggunakan tipe wordsearch dimana siswa akan memainkan game cari kata yang sudah disediakan.  

       Setelah semua siswa mengakses link tersebut kemudian guru memberikan feedback untuk penyelesaian soalnya. Tidak lupa pula, guru memberikan reward yang berupa hadiah untuk high score atau peraih skor tertinggi dari masing-masing game. Dengan demikian, para siswa akan merasa termotivasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dan tentunya dengan capaian skor yang lebih tinggi. Dari proses pembelajaran ini, bisa dilihat hasil yang meningkat dari nilai siswa yang bisa secara otomatis muncul di ikon My results/ skor penilaian. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top