Tim Peneliti Univet Gelar FGD Hasil Penelitian Disk Modul Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Calon Guru Mahasiswa FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Dosen Univet Bantara Sukoharjo saat mengikuti kegiatan FGD.


Tim Peneliti Univet Gelar FGD Hasil Penelitian Disk Modul Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Calon Guru Mahasiswa FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo


Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim peneliti dari Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, mengadakan FGD (Focus Group Discussion) berkaitan dengan hasil penelitian dilakukan oleh tim peneliti diketuai oleh Herry Agus Susanto, yang beranggotakan Budi Usodo dan Dewi Susilowati. FGD diikuti oleh para  dosen Univet Bantara Sukoharjo. Rabu (14/10/2020) di Hotel Tosan Solobaru. 

Pelaksanaan FGD dipandu oleh Drs. Ismail, M.Pd, sekaligus sebagai Kepala Pusat Penelitian, LPPM Univet Bantara Sukoharjo.

Dalam paparanya, Herry Agus Susanto menyatakan, penelitian berjudul “Disk Modul Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Calon Guru Mahasiswa FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo”. Penelitian ini merupakan penelitian multi tahun yang dilaksanakan sejak tahun 2018, 2019 dan 2020. Penelitian dibiayai oleh Kemenristek-Dikti tahun 2018 dan 2019, serta Kemenristek-BRIN tahun 2020.  


Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Gelar Orientasi Mahasiswa Baru Terapkan Protokol Kesehatan

"Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya perangkat pembelajaran yang meliputi: disk pembelajaran, rencana praktek pembelajaran (RPP), instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (IP-RPP),  instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IP-PP),  pedoman pelaksanaan lesson study bagi calon guru,  instrumen observasi pelaksanaan lesson study," terang Herry Agus Susanto.

Lebih lanjut, dijelaskan perangkat ini disusun dan dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi calon guru. Luaran penelitian berupa “Kebijakan Implementasi Lesson Study di FKIP Univet Bantara Sukoharjo”. Luaran lainya adalah artikel, dan hak cipta

"Implementasi lesson study, pada tahun pertama (2018) dilaksanakan bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika, tahun kedua (2019) bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika, pendidikan geografi, pendidikan bahasa indonesia dan pendidikan guru sekolah dasar. Pada tahun ketiga (2020) dilaksanakan di sekolah tempat mahasiswa praktek mengajar," paparnya.


Baca juga: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Gelar Orientasi Mahasiswa Baru Via Daring

Selain memaparkan hasil penelitian, Herry Agus Susanto yang juga sebagai Wakil Rektor bidang akademik menyampaikan trik agar dalam penyusunan proposal memenuhi kriteria dan dapat dibiayai oleh Kemenristek-BRIN. 

Dari beberapa peserta diskusi, Dewi Kusumaningsih menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, serta mempertanyakan berkaitan dengan bagaimana menyusun proposal yang baik, agar dapat dibiayai oleh kementerian. Demikian juga Suyahman menanyakan nilai kemanfaatan disk dan modul bagi siswa dan guru. Dosen dari PPB, Rita Kumalasari menanyakan langkah-langkah pengembangan pengembangan yang meliputi 4D (Define, Desain, Develop dan Desiminate). Drs. Ismail, M.Pd menanyakan, bagaimana penyusunan pedoman penentuan validasi suatu instrumen. Permasalahan penyusunan judul penelitian agar menarik, juga ditanyakan oleh Veronika Unun Pratiwi. 

Para peserta juga mengharapkan ada tindak lanjut dari kegiatan ini, yaitu berkaitan dengan penyusunan proposal yang akan diajukan ke Kemenristek-BRIN. (Sofyan)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top