Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Berbagi di Tengah Pandemi Lewat “Kencleng Surga”

Print Friendly and PDF

Muhamad Arifin, Wakasek Kesiswaan dan Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo menyerahkan sumbangan kepada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Solo.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Berbagi di Tengah Pandemi Lewat “Kencleng Surga”

Solo- majalahlarise.com -Di tengah suasana keprihatinan akibat pandemi yang tak kunjung usai, momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini dimanfaatkan oleh SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo untuk berbagi kebahagiaan dan optimisme melalui program “Kencleng Surga.”

Melalui program “Kencleng Surga” ini, SD Muhammadiyah PK Kottabarat menyumbangkan uang tunai sejumlah Rp. 36.090.100,00 kepada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Solo, Senin (26/10/2020). Uang tersebut akan disalurkan untuk tiga program utama, yaitu beasiswa Sang Surya bagi siswa sekolah yang tidak mampu, ketahanan pangan selama pandemi, dan wakaf sumur untuk solusi jangka panjang bagi daerah rawan kekeringan.

Program ini sudah berjalan selama dua tahun bekerjasama dengan LAZISMU Solo. Program “Kencleng Surga” berupa infak rutin setiap hari Jumat oleh para siswa. Uang infak dimasukkan ke dalam kencleng, yaitu kaleng bekas kemasan susu yang dimodifikasi menjadi seperti celengan dan ditempel stiker supaya lebih menarik. 


Baca juga: Monica Mahasiswi Komunikasi Unisri Juara Favorit Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS Bank Indonesia Solo 

Dinamakan “Kencleng Surga” karena menggunakan media kaleng yang dimanfaatkan untuk menyimpan uang infak. Harapannya akan menjadi amal saleh yang bisa mengantarkan pelakunya ke surga. Teknisnya, setiap siswa diberi satu kencleng surga yang akan disimpan di loker kelas masing-masing. Mereka bertanggungjawab menjaga dan merawat kencleng masing-masing serta menghitung perolehan infak secara berkala.

Meskipun dalam suasana pandemi dan siswa belajar dari rumah, tetapi program ini tetap bisa berlangsung. Kencleng yang biasanya ditinggal di loker siswa di sekolah, selama pandemi ini dibawa pulang dan disimpan di rumah.

Tujuan program “Kencleng Surga” adalah untuk melatih siswa supaya gemar berinfak dan sedekah. Melalui pembiasaan tersebut, diharapkan bisa melatih rasa empati dan kesadaran bahwa ada hak orang lain dalam harta yang dimiliki. Selain itu, bisa melatih siswa untuk senantiasa bersyukur karena telah diberikan kecukupan harta, sehingga perlu menumbuhkan semangat kepedulian kepada orang lain yang lebih membutuhkan.


Baca juga: Fakultas Hukum Unisri Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkatan I

Jika dilihat dalam perspektif yang lebih luas, program “Kencleng Surga” merupakan media pembelajaran tematik yang sangat sesuai dengan Kurikulum 2013 yang saat ini dijalankan. Melalui program ini siswa belajar materi perhitungan uang, konsep kejujuran, tanggung jawab, dan kompetensi sosial, yaitu kepedulian.

Muhamad Arifin, Wakasek Kesiswaan dan Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengungkapkan rasa syukurnya karena mesipun di tengah pandemi, siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan tetap istikamah melaksanakan program “Kencleng Surga.”

“Peringatan Maulid Nabi tahun ini kita semua dalam suasana prihatin, tetapi saya bersyukur karena keluarga besar SD Muhammadiyah PK Kottabarat istikamah menyukseskan program ini sehingga bisa tetap berbagi untuk sesama,” ungkapnya.

Baca juga: Sambut Milad ke-10, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Lomba Secara Daring

Fundraising Lazismu Solo,  Dita Mega, menjelaskan program ini sebagai wujud sinergisitas antar lembaga di Muhammadiyah untuk mendukung kerja-kerja kemanusiaan dalam skala yang lebih luas.

“Tidak lupa kami juga menyampaikan penghargaan kepada SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat yang aktif bersinergi bersama Lazismu Solo," katanya.(Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top