Humas dan Kerjasama Univet Adakan Pelatihan Penulisan Press Release dan Caption Bisnis Instagram

Print Friendly and PDF

 

Narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (jurnalis dan pengelola majalahlarise.com) saat menyampaikan materi.

Humas dan Kerjasama Univet Adakan Pelatihan Penulisan Press Release dan Caption Bisnis Instagram

Sukoharjo- majalahlarise.com - Humas dan Kerjasama Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan pelatihan bertajuk "Training for Public Relation Officer" dengan menghadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (jurnalis sekaligus pengelola majalahlarise.com) dengan materi penulisan press release dan caption bisnis di instagram. Senin (19/10/2020) bertempat di meeting room Hotel Indah Palace Solo.

Kepala Humas dan Kerjasama Univet Bantara Sukoharjo, Catur Rini Sulistyaningsih dalam sambutan menyampaikan pelatihan ini bertujuan menambah wawasan, pengetahuan serta lebih memahami fungsi dan tugas humas dan kerjasama salah satunya dalam mempublikasikan kepada masyarakat tentang berbagai hal yang ada di lingkungan Univet Bantara Sukoharjo.

"Salah satu fungsi kerja kehumasan itu mempublikasikan keberadaan instansi dalam hal ini Univet Bantara Sukoharjo ditingkat universitas, fakultas, program studi maupun apa yang telah diraih. Supaya masyarakat lebih mengenal tentang Univet. Selain itu mampu meningkatkan kinerja sehingga kualitas kerja kita semakin mantap," tuturnya.


Baca juga: Siswa Kesehatan dan Reproduksi Hewan SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Tetap Produktif Dimasa Pandemi

Lebih lanjut pihaknya berpesan kepada peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh karena waktu sangat singkat sesuai aturan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Sementara itu, dalam pembukaan acara Wakil Rektor 3 Univet Bantara, Dr. Sodikin mengatakan membuat tulisan untuk publikasi ada ilmunya sehingga terhindar dari kekeliruan membuat caption, kalimat, maupun diksi. Jika ada kekeliruan terjadi kesalahpahaman dari pembaca yang berdampak buruk bagi instansi.

"Pesan yang sudah terpublikasikan jika ada kesalahan dalam penyusunan itu susah untuk menarik kembali. Maka sangat penting cara komunikasi yang baik itu kuncinya," terangnya.


Baca juga: Wisudawan Fakultas Ekonomi Unisri Biayai Kuliah Sambil Ngojek dan Jualan Daster

Selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, pihaknya selalu memberi pemahaman kepada mahasiswa pentingnya memiliki soft skill komunikasi dan interaksi baik antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, maupun mahasiswa dengan masyarakat. Sehingga terhindar dari kesalahan berkomunikasi baik lewat berbicara maupun tulisan.

Dalam pemaparan materi, Sofyan Yuli Antonius menjelaskan tentang pengertian press release, tujuan press release, menulis rilis berita, langkah-langkah menulis rilis berita serta cara menulis caption bisnis di Instagram.

"Dalam menulis rilis berita memperhatikan unsur 5W+1H, yaitu apa yang terjadi (What), di mana kejadiannya (Where), kapan terjadinya (When), siapa yang terlibat dalam kejadian (Who), mengapa peristiwa itu terjadi (Why), dan bagaimana kejadiannya (How). Berita ditulis dengan teknik piramida terbalik, informasi yang paling penting ditulis pada awal berita," jelas pria yang juga alumni FISIP prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Sukoharjo. (Daw)


Baca juga: Pesan Rektor Unisri Kepada Wisudawan, Ciptakan Lapangan Kerja











Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top