PKKMB 2020 Univet Bantara Hadirkan Tokoh Karjo, Makmur dan Minul

Print Friendly and PDF

 

Suasana pelaksanaan PKKMB Univet Bantara Sukoharjo secara daring di Auditorium Gedung H lantai 3.

PKKMB 2020 Univet Bantara Hadirkan Tokoh Karjo, Makmur dan Minul

Sukoharjo- majalahlarise.com- Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo tahun ini terasa berbeda. Pasalnya dilakukan secara daring atau online waktu dibatasi selama tiga jam dan diselenggarakan selama tiga hari. Selasa-Kamis (22-24/9/2020). Agar PKKMB tidak menjemukan dan menarik dikemas dalam sebuah cerita atau drama dengan menghadirkan tokoh Karjo, Makmur dan Minul.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP menyampaikan teknik pelaksanaan PKKMB sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara daring dan waktu dibatasi cukup tiga jam pelaksanaan selama tiga hari.

"Kita setting acara online ini tidak menjemukan. Kami mengamati beberapa acara LLDIKTI maupun Kementerian ketika ada acara melibatkan banyak orang peserta dan acara monoton seperti ditampilkan ketika offline banyak ditengarai peserta hanya bergabung dan sama sekali tidak memperhatikan karena memang sangat membosankan waktu lama," terangnya.


Baca juga: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Gelar Free Webinar Kewirausahaan

Lebih lanjut, Prof. Ali Mursyid menjelaskan Univet mencoba mensetting penyampaian materi PKKMB menjadi sebuah cerita atau drama sehingga penyampaian materi satu ke materi berikutnya ada alat sambungnya cocok, lucu, ringan yang diperankan oleh Karjo, Makmur dan Minul.

"Materi dari perguruan tinggi juga sebagian disetting dalam bentuk wawancara, baik wawancara itu dari mahasiswa maupun dari tokoh Karjo Makmur dan Minul penyampaian menjadi lebih ringan, menarik. Mudah-mudahan mahasiswa baru tidak bosan mengikuti PKKMB karena mereka tidak bisa berkunjung ke kampus. Sehingga pengenalan terhadap kampus tetap bisa berjalan dengan baik dan ada game berhadiah," ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 770-an dari 6 fakultas dan 21 program studi ini pemateri dari Ketua Yayasan YPPP Sukoharjo, Rektor, Wakil Wakil Rektor I, Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III, Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) termasuk Mendikbud direkam untuk PKKMB secara nasional.


Baca juga: PGPAUD UNJ (Universitas Negeri Jakarta) Gandeng Tiga Pembicara dalam Seminar Nasional Online Bertajuk Pengajaran di Masa Covid-19

"Harapan mahasiswa baru dengan PKKMB ini mengenali kampusnya, mengenali produknya, termasuk kurikulumnya. Sehingga bisa menjadi rancangan pembelajaran yang berkesinambungan dan lulus tepat waktu meskipun start serba darurat," harap Prof. Ali Mursyid. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top