EXCEL 365 MEMPERMUDAH PESERTA DIDIK MEMPRAKTEKKAN PENERAPAN PEMFORMATAN CELL

Print Friendly and PDF

EXCEL 365 MEMPERMUDAH PESERTA DIDIK MEMPRAKTEKKAN PENERAPAN PEMFORMATAN CELL


Oleh: Surati, S.Kom.

Guru Bimbingan TIK SMA Negeri 1 Pracimantoro Wonogiri

Surati, S.Kom


        Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit koronavirus 2019 (coronavirus disease 2019, disingkat dari COVID-19) di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. Pandemi Covid-19 mulai melanda negara kita sejak bulan Februari 2020 dan sampai sekarang jumlah penderitanya masih terus bertambah.

       Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan saja tapi juga berbagai aspek kehidupan lainnya. Dalam bidang pendidikan, dampak dari pandemi ini adalah dengan ditiadakannya pembelajaran secara langsung (tatap muka). Sampai saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum mengeluarkan keputusan mengenai pembukaan kembali sekolah demi menjaga keamanan dan keselamatan peserta didik, guru, dan orang tua. Selama masa pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan utama. 

       Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Pracimantoro memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik kelas X secara klasikal dan terjadwal secara rutin dengan alokasi waktu satu jam pelajaran (45 menit). Pelaksanaan bimbingan ini bertujuan agar peserta didik terampil mempraktekkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Dengan diberlakukannya PJJ ini, maka guru dituntut untuk menentukan media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk mempraktekkan materi layanan bimbingan.

       Berdasarkan masalah tersebut, maka layanan Bimbingan TIK Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pracimantoro Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk Kompetensi Dasar 3.4 Menerapkan pemformatan cell, dan Kompetensi Dasar 4.4 Melakukan pemformatan cell dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Office Excel 365.

       Media merupakan bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin medius yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Menurut Munadi (2008:7) mendefinisikan media pembelajaran sebagai  segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Menurut Hernawan (2007:39) setidaknya ada 3 hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran, diantaranya tujuan pemilihan media, karakteristik media dan alternatif media pembelajaran yang dipilih.

       Microsoft Office Excel 365 adalah perangkat lunak aplikasi lembar kerja buatan Microsoft Corporation yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Aplikasi ini berbasis komputasi awan dimana setiap penggunanya mendapatkan fasilitas penyimpanan data sebesar 1 Terabyte. Fasilitas ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan membuka dokumen apapun dari perangkat apapun, kapanpun dan di mana pun secara aman dan nyaman. Aplikasi ini juga dapat diakses dengan menggunakan perangkat apapun dan di mana pun. Karena kemudahan inilah maka Microsoft Office Excel 365 dipilih sebagai media pembelajaran. Selain itu, Microsoft Office Excel 365 ini memiliki tampilan dan fasilitas yang mirip dengan aplikasi Microsoft Excel yang berbasis Windows, jadi peserta didik hanya perlu sedikit adaptasi pada saat menggunakannya. Untuk dapat mengakses Microsoft office Excel 365, peserta didik dapat menggunakan aplikasi Web Browser (disarankan Google Chrome). Dalam penggunaannya, guru menggabungkan Microsoft Office Excel 365 ke dalam Ms Teams yang memudahkan guru dalam mengorganisir tugas dan memudahkan peserta didik dalam mengakses Microsoft Office Excel 365.

       Tahap pertama dalam PJJ ini adalah guru yang sudah bergabung ke dalam whatsapp group kelas X MIPA 3 menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian memberikan informasi sekilas tentang macam-macam pemformatan cell. Tahap kedua, guru memberikan materi dan petunjuk praktek berupa file pdf dan meminta peserta didik mempelajarinya. Tahap ketiga, guru meminta peserta didik untuk mengakses tugasnya di Microsoft Teams dengan cara memasukkan username dan password akun Microsoft Office 365 yang didapatkan dari sekolah, kemudian masuk ke kelas dan mengakses tugas praktek 1. Tahap keempat, peserta didik membuka file excel yang ada disediakan pada tugas dan secara otomatis telah mengakses Microsoft Office Excel 365 untuk mengerjakan tugas praktek sesuai dengan petunjuk praktek. Selama peserta didik mengerjakan praktek, peserta didik untuk bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan (melalui whatsapp pribadi). Tahap terakhir, guru bersama peserta didik melakukan refleksi dan membuat kesimpulan tentang Pemformatan Cell.

       Dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Office Excel 365 peserta didik tetap dapat menerima layanan bimbingan TIK secara maksimal, karena mempermudah peserta didik untuk dapat mempraktekkan materi bimbingan TIK tentang pemformatan cell. Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pemformatan cell. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top