Tim Monev KKN Univet Lakukan Monev Secara Daring

Print Friendly and PDF

Tim monev KKN Univet saat melakukan komunikasi dengan mahasiswa KKN secara daring.

Tim Monev KKN Univet Lakukan Monev Secara Daring

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim monitoring dan evaluasi (monev) kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Veteran Bantara Sukoharjo Peduli Covid-19 periode I Tahun Akademik 2020/ 2021 melakukan monev secara daring menggunakan aplikasi Meeting Zoom Pro. Kegiatan terbagi tiga tim monev sesuai fakultas. Rabu (19/8/2020) bertempat di Gedung LPPM.

Tim A beranggotakan Prof. Dr Ali Mursyid WM M.P, Dr. Ir. Sri Hartati, M.P, Dr. Sri Wahyu Agustiningsih, SE, M.Si, Drs. Ismail M.Pd, Jatmiko Hidayat, S.Pd, M.Pd, Ir, Abimanyu Dwijoseputro, Tegar Abdulah melakukan monev kepada mahasiswa KKN dari Fakultas Ekonomi.

Tim B beranggotakan Dr. Sodikin, ST, MT, Dr. Yoto Widodo, M.Si, Drs. Joko Suryono, M.Si, Ir. Yos Wahyu Harinta, M.Si, Satria Agung Wibawa, ST, MT, Ainur Komariah, ST, M.Sc, Muh Husyain Rifai S.Pd, M.Pd, Miftahul Huda S.Pd melaksanakan monev kepada mahasiswa KKN dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Pertanian.

Baca juga: Tim IR’S 3D Architechture Teknik Sipil Univet Raih Juara I Lomba Desain Masjid Univet


Sedangkan tim C beranggotakan Dr. Herry Agus Susanto, Dra. Dewi Susilowati, M.Pd, Ir. Catur Rini Sulistyaningsih, M.M, Titik Haryanti, S.KM, M.PH, MS. Khabibur Rahman, S.Pd, M.Si, Andika Ayu Wulandari, S.Si, M.Pd, Sutarman, S.T melakukan monev kepada mahasiswa KKN dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP usai melakukan monev mengatakan monev secara daring ada keterbatasan yaitu tidak bisa melakukan pengecekan langsung wujud hasil dari kegiatan mahasiswa KKN. Adanya monev ini untuk menggerakkan mahasiswa jika ada mahasiswa yang malas melakukan kegiatan menjadi giat berkegiatan sesuai program kerja yang telah direncanakan.

“Selain monev ada perangkat lain yang digunakan untuk memantau kegiatan mahasiswa selama KKN yaitu laporan seminggu dua kali bersistem dan menghasilkan foto kegiatan dan upload produk,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembuatan laporan seminggu dua kali sebagai upaya tidak membebani mahasiswa KKN dibanding konvensional yang laporan diakhir KKN dikerjakan secara lembur bersama-sama satu kelompok.

Baca juga: HMTI Univet Umumkan Hasil Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2020

“Laporan seminggu dua kali ini dilakukan secara individual dievaluasi oleh DPL yang digunakan untuk menentukan penilaian,” terangnya.

Terkait dengan hasil monev, Prof. Ali Mursyid menjelaskan ada mahasiswa melaksanakan program kerja ketahanan ekonomi rumah tangga cakupan satu desa menggerakan karang taruna diajak untuk ketahanan ekonomi dengan strategi bagaimana memasarkan produk dimasa pandemi Covid-19 secara online.

“Ada juga mahasiswa yang menyampaikan usul ke pak RT membuat wifi kemudian ditindaklanjuti berkolaborasi dengan mahasiswa KKN untuk mempermudah para pelajar belajar secara daring atau online,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor II,  Dra. Dewi Susilowati, M.Pd menyampaikan mahasiswa KKN tersebar di luar Jawa, Jawa Barat, Jawa Timur, se-eks Karesidenan Surakarta. Dari pantau tim monev salama melakukan kegiatan kebanyakan tidak ada hambatan, masyarakat menerima dengan baik karena tempat KKN di tempat tinggalnya.

Baca juga: Bu Mursiyem Pedagang Bubur Kacang Ijo Timur Perempatan Purwosari Solo, Sabar Kunci Kelancaran Rejeki

“Ketika dilakukan monev ada mahasiswa dari FKM membuat produk handsanitaser, famplet cara mencuci tangan dengan baik. Untuk sosialisasi kegiatan kepada masyarakat dilakukan lewat grup WA  pada sore hari karena pagi banyak yang bekerja dan tidak boleh dilakukan secara langsung tatap muka,” ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top