Rektor Univet Tandatangani Nota Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Pondok Roja

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP saat foto bersama dengan pengurus Pesantren Mahasiswa Tahfidzul Quran (Pondok  Roja) Hidayatullah Sukoharjo.

Rektor Univet Tandatangani Nota Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Pondok Roja

Sukoharjo- majalahlarise.com -Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menandatangani nota perjanjian kerjasama MoA (Memorandum of Action) dengan Pesantren Mahasiswa Tahfidzul Quran (Pondok  Roja) Hidayatullah Sukoharjo dalam Pembinaan  Mahasiswa Islam dan Publikasi.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP menyampaikan nota perjanjian kerjasama MoA (Memorandum of Action) telah ditandatangani bersama hari Kamis, 20 Agustus 2020. Univet tertarik untuk bekerjasama karena sebelumnya ada inisiasi sudah berjalan lama beberapa mahasiswa magang mengajar di Pondok Roja.

Baca juga: KKN Unisri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pendampingan Usaha Rumahan

“Dengan adanya itu kami berpikir menciptakan melembaga sehingga kita bisa menerbitkan dokumen-dokumen bermanfaat untuk implementasi kerjasama tersebut. Saat ini sudah berjalan mahasiswa kita magang, suatu saat bukan hanya magang tetapi menjadi santri,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya mencontohkan ketika masa liburan mahasiswa tidak pulang kampung tetapi mondok memperdalam agama dan mengimplementasikan ilmunya mengajar sesuai ilmu bidang studi yang dikuasai saat kuliah.

“Santri di Pondok Roja bukan hanya belajar agama saja tetapi pelajaran umum juga seperti bahasa Jawa, bahasa Inggris, bahasa Indonesia. Harapannya mahasiswa kita lebih kaya dalam mengabdi maupun memperoleh ilmu agama,” ujarnya.

Baca juga: Remaja Masjid Sulthon Muhammad Batiniyadi Bulusulur Wonogiri Belajar Membuat Blog dan Wirausaha

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Roja ustad Ahmad Khamim mengatakan Pondok Roja yang beralamat di Brumbung kelurahan Dukuh Sukoharjo ini menaungi beberapa amal usaha salah satunya Pesantren Mahasiswa Tahfidzul Quran sampai saat ini berjalan tiga tahun. Kerjasama dengan Univet ini terjalin karena mayoritas santri dan pengurus beberapa orang alumni dari Univet.

“Fokus kita memberikan bekal kepada mahasiswa kaitannya dengan pengembangan ilmu Al Quran. Nantinya mahasiswa yang punya disiplin ilmu diberbagai bidang terwarnai dengan Al Quran dan dikembangkan minat bakatnya sesuai bidang masing-masing,” jelasnya.

Disampaikan pula, Pondok Roja sampai saat ini memiliki 200 santri yang mondok pada unit pendidikan UTMQ setara SMA dan SMA. Sedangkan untuk mahasiswa setiap tahunnya hanya mengambil 15 mahasiswa yang belajar selama dua tahun.

Baca juga: Momen Semangat Kemerdekaan, Pelajar se-Indonesia Antusias Ikuti Debat Online Bersama STIE Perbanas Surabaya

“Harapan kami adanya kerjasama ini semakin memperkuat program kita kedepannya. Ada program mondok satu tahun pendidikan di pesantren dan satu tahun aplikasi mengajar. Satu angkatan dua tahun pembelajaran dengan target hafalan Al Quran minimal hafal 5 juz selain pembelajaran fiqih, akhidah dan sebagainya,” harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top