Unisri Persiapkan Kuliah Kewirausahaan Dengan Metode Coaching

Print Friendly and PDF

Narasumber, Onma Gultom, ACC menyampaikan materi pembelajaran kewirausahaan denga metode coaching.

Unisri Persiapkan Kuliah Kewirausahaan Dengan Metode Coaching

Solo- majalahlarise.com -Sistem pembelajaran konvesional untuk mata kuliah kewirausahaan sudah tidak cocok lagi diterapkan bagi generasi milenial. Salah satu media pembelajaran yang sesuai diterapkan adalah metode coaching.

"Metode coaching sangat cocok digunakan untuk pemberdayaan potensi generasi milenial, karena dosen bertindak selaku mitra belajar. Tidak menggurui dan tidak mendikte layaknya kuliah konvensional," ungkap Ketua Pelaksana Pelatihan Tenaga Pengajar Dengan Metode Coaching, Drs. Suprayitno, MSi.

Pelatihan diikuti 24 peserta,  diselenggarakan oleh Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Slamet Riyadi (Lik Unisri) Surakarta, Selasa (30/6/2020) bertempat di Ruang Sidang Unisri, Lantai 3.

Lebih lanjut, Suprayitno,  menjelaskan peserta pelatihan adalah para dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan dari enam fakultas yang ada di Unisri.

"Selain dibekali dengan metode coaching untuk mewujudan kampus  entrepreneur, juga telah disusun buku pendamping kewirausahaan yang aplikatif dan komprehensif oleh tim pengampu mata kuliah kewirausahaan, " paparnya.

Pelatihan menghadirkan narasumber National Head of Cocodev Coaching Indonesia, Onma Gultom, ACC.
"Tantangan utama penerapan coaching bagi para dosen adalah dirinya sendiri. Dalam pendekatan coaching dosen diharapkan mampu memberdayakan potensi mahasiswa, dengan model kemitraan, tanpa  menggurui dan menghakimi," tandasnya.

Lebih lanjut, Onma Gultom, mengatakan penerapan metode coaching akan melatih kesabaran, karena staf pengajar harus lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, kemudiaan mengajukan pertanyaan yang powerful agar potensi dan ide-ide kreatif mahasiswa tergali secara optimal.

Pelatihan berlangsung komunikatif dan interaktif yang diselingi dengan simulasi sesi coaching. Di buka oleh Ketua LIK Unisri, Ir. Siswadi, MP dan ditutup panitia pelaksana, Drs. Suprayitno, MSi. (Sofyan)


1 komentar:


Top