Di Tengah Pandemi Covid 19, Koperasi Karyawan STIE Perbanas Surabaya Tetap Beri Layanan Hingga RAT Online

Print Friendly and PDF

Koperasi karyawan STIE Perbanas Surabaya 19 saat  menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara daring atau online.

Di Tengah Pandemi Covid 19, Koperasi Karyawan STIE Perbanas Surabaya Tetap Beri Layanan Hingga RAT Online


Surabaya- majalahlarise.com -Wabah pandemi COVID-19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdampak pada semua sektor usaha. Bahkan, aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk koperasi menjadi terkendala. Namun, kondisi tersebut telah disiasati oleh Koperasi Karyawan (Kopkar) STIE Perbanas Surabaya.

Dr. Supriyati, S.E., M.Si., selaku Ketua Pengurus Koperasi Karyawan STIE Perbanas Surabaya mengatakan koperasi sebagai salah satu UMKM yang harus tetap dijaga keberlangsungannya. Walaupun di tengah wabah virus corona, kegiatan rutin harus tetap berjalan. Belum lama ini, pihaknya bersama pengawas dan anggota koperasi telah selesai menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara daring atau online.

”PSBB yang diterapkan Kota Surabaya sejak 28 April 2020 lalu, tidak memungkinkan Kopkar STIE Perbanas mengumpulkan anggota untuk RAT dengan tatap muka. Maka, RAT online-lah yang menjadi solusi terbaik dalam kondisi Covid-19," terangnya usai RAT online pada Kamis, 30 April 2020 lalu.

Menurutnya, kegiatan RAT secara rutin diselenggarakan sebagai media untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi. Bahkan, para anggota koperasi bisa terlibat dalam usulan program kerja setahun ke depan.


Lanjutnya, RAT online sebenarnya sangat dipengaruhi oleh mekanisme dan sistem yang dibangun secara internal. Diakui Supriyati, memang tidak mudah membangun mekanisme dan sistem operasional secara terkomputerisasi bagi koperasi. Keterbatasan sumberdaya, kemampuan teknis, keterbatasan dana, dukungan pihak lain sangat mempengaruhi operasional koperasi. Mekanisme kerja, sistem pembukuan terkomputerisasi sampai sistem keanggotaan yang dibangun Kopkar STIE Perbanas Surabaya menjadi pondasi koperasi yang dipimpinnya saat ini tetap eksis. "Jadi, kondisi itu tidak menghalangi untuk menyelenggarakan RAT online," imbuhnya.

Perlu diketahui, saat RAT online Kopkar STIE Perbanas Surabaya memanfaatkan aplikasi Zoom yang diikuti lebih dari 73 anggota berpartisipasi secara aktif serta menyuarakan gagasannya. Sejauh ini, Koperasi Karyawan STIE Perbanas Surabaya tetap memberikan pelayanan online hingga delivery order, mulai dari produk sembako hingga kebutuhan pokok lainnya.

"Semoga langkah awal yang dilakukan Kopkar STIE Perbanas Surabaya dapat diiikuti oleh koperasi lainnya. Jangan jadikan kondisi wabah Covid 19 menghambat operasional dan rutinitas koperasi. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan empat skema program baru koperasi yang terdampak Covid-19 agar koperasi harus menjadi soko guru perekonomian masyarakat dan bangsa ini," pungkasnya. (hms/Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top