Empat Kepala Sekolah Muhammadiyah Solo Dilantik

Print Friendly and PDF

Kepala sekolah lama dan baru foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Pimpinan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Solo.

Empat Kepala Sekolah Muhammadiyah Solo Dilantik

Solo-majalahlarise.com-Empat kepala sekolah dilantik oleh Drs. H.M. Joko Riyanto, SH, MM, MH., sebagai Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta. Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah (11/3/2020).

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, seluruh Pimpinan Majelis Dikdasmen Kota Surakarta, Pimpinan Cabang Muhammadiyah, seluruh kepala sekolah Muhammadiyah Surakarta dan para guru serta tenaga kependidikan yang kepala sekolahnya dilantik.

Sebelum pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Listiyanto Eko Putro (SDM 2), menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan do’a yang dipimpin oleh KH. Drs. Muqorrobin dan laporan dari Ketua Majelis Dikdasmen.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah menyerahkan SK kepada Kepala SMK Muhammadiyah 4 yang baru.

Ketua Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Drs. H. Trijono dalam laporannya menyampaikan, empat kepala sekolah yang dilantik adalah Dra. Hj. Elly Elliyun dilantik menjadi kepala SMK Muhammadiyah 5, sebelumnya sebagai kepala SMK Muhammadiyah 5 (mutasi). H. Suprihanto, SPd, dilantik menjadi kepala SD Muhammadiyah 2 Kauman, sebelumnya sebagai guru SD  Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan. Tofiq Ckoliq, S.Farm.,Apt, dilantik menjadi kepala SMK Muhammadiyah 4, guru SMKM 4 (promosi). Anik Handayaningsih, S.Ag.,SPd.,M.Psi., dilantik menjadi kepala Sekolah Kreatif  SD Muhammadiyah 18 Surakarta, guru Sekolah Kreatif  SD Muhammadiyah 18  (promosi).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Hj. Etty Retnowati, SH, MH.,  dalam sambutan menyampaikan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi pendidikan adalah tanggung jawab bersama, Muhammadiyah di Surakarta memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas SDM dan jumlahnya paling banyak peserta didiknya 12.000 lebih.

Pemerintah memberikan BOS mohon digunakan sesuai juklak dan ketentuan yang telah ditetapkan, dan mulai sekarang langsung ditransfer ke rekening sekolah masing-masing. Pemerintah juga masih membantu sekolah Muhammadiyah berupa guru PNS yang ditugaskan di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Kepala sekolah diingatkan agar memperhatikan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tanggal 9 Maret 2020.

Setelah melakukan pelantikan, HM Joko Riyanto menyampaikan tausiah dan pengarahan kepada kepala sekolah; kepala sekolah hendaknya memiliki sifat jujur, disiplin, amanah, kreatif dan melaksanakan tugas sesuai peraturan yang ada, serta loyal terhadap persyarikatan, melaksanakan instruksi dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusannya dan mewujudkan sekolah yang berkemajuan.

Majelis Dikdasmen Surakarta sebelumnya telah membentuk Tim Seleksi Kepala Sekolah, yaitu; Drs. H. Tridjono, Dr. Anwar Hamdani, MM, MHum, Drs. H. Yatimun, Drs. H. Supraptono, M.Pd., dan Dr. Suharno, MPd. Tim seleksi bertugas untuk menyelenggarakan seleksi calon kepala sekolah dan mengusulkan kepada majelis.

Ketua Tim Seleksi Kepala Sekolah Muhammadiyah Surakarta Anwar Hamdani, saat diminta konfirmasi dan tanggapan tentang nama-nama yang dilantik mengatakan, nama tersebut termasuk diusulkan oleh pansel karena memiliki kemampuan manajerial dan teknis serta sosio kulturan yang cukup baik. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top