SMAN 1 Manyaran Siap Maju Lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi

Print Friendly and PDF

Kepala SMAN 1 Manyaran bersama guru dan siswa membawa tanaman selanjutnya ditanam di lingkungan warga setempat.

SMAN 1 Manyaran Siap Maju Lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi

Wonogiri-majalahlarise.com-SMAN 1 Manyaran Wonogiri siap maju lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi. Berbagai persyaratan yang telah ditentukan dipersiapkan secara baik yang akan diajukan pada tanggal 24 Februari 2020. Hal itu dikatakan kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd disela-sela kegiatan Adiwiyata bersama warga sekolah. Jum'at (7/2/2020).

"Ada beberapa kegiatan yang dipersiapkan diantaranya melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan berupa konservasi energi air dan karya inovatif yaitu panen lele selanjutnya dibuat makanan nugget dimakan bersama warga sekolah," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, penerapan perilaku ramah lingkungan untuk masyarakat sekitar dengan melakukan kebersihan di luar sekolah sekitar rumah warga dan ke pasar Bero.

Siswa menimbang sampah siap untuk dijual.

"Kita juga melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman dengan kegiatannya menghitung jenis tumbuhan dan jumlahnya yang ada sekolah," ujarnya.

Disampaikan pula bahwa siswa dan guru melaksanakan penanaman tanaman yang diberikan ke warga sekitar sekolah untuk ditanam. "Ada tujuh amalan pahala selalu mengalir walau orang itu sudah meninggal dunia. Salah satunya orang menanam pohon yang berbuah. Selama tanaman itu dimakan orang maupun hewan menjadi pahala terus mengalir," terangnya.

Kegiatan mendukung Adiwiyata selanjutnya berupa mengelolaan sampah dengan memilah sampah organik, kimia, non organik yang dapat dimanfaatkan. Selain itu, pembersihan lingkungan kelas maupun taman sekolah.

"Sampah organik dibuat pupuk kompos cair, kertas dan plastik ditimbang lalu dijual ke pedagang rongsokan," ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top