Ketoprak Guru Meriahkan Puncak HUT ke-22 SMAN 1 Pracimantoro

Print Friendly and PDF

Pemain ketoprak guru saat foto bersama usai pementasan.

Ketoprak Guru Meriahkan Puncak HUT ke-22 SMAN 1 Pracimantoro

Wonogiri-majalahlarise.com-Pagelaran ketoprak mengangkat lakon Ampak-Ampak Pracimantoro dimainkan guru SMAN 1 Pracimantoro mendapat sambutan meriah serta apresiasi dari penonton warga sekolah tamu undangan, Forkompicam serta Camat Pracimantoro. Pagelaran ketoprak ini untuk memeriahkan puncak HUT ke-22 tahun SMA Negeri 1 Pracimantoro. Jumat (7/2/2020) bertempat di halaman sekolah.

Camat Pracimantoro, Warsito, SIP, MM dalam sambutan menyampaikan rasa bangga atas pementasan ketoprak yang merupakan seni budaya tradisional mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.

“Dengan latihan cukup singkat dua kali latihan sudah layak dijual. Kami mohon ada kegiatan hari besar tingkat kecamatan untuk pentas di Pendopo kecamatan maupun di lapangan terbuka. Harapan kami inilah kethoprak mampu membentuk, mendidik anak-anak menjadi anak-anak berkarakter dan berkepribadian baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pracimantoro, Drs. Nursahid, M.Pd mengatakan pementasan ketoprak merupakan salah satu pendidikan karakter baik lewat budaya yang mengandung pesan moral untuk jujur, kerja keras, semangat juang dan cinta tanah air. Sesuai tema yang diangkat pada peringatan HUT ke-22 tahun SMAN 1 Pracimantoro yaitu the power of character & literacy mengandung makna saling bersinergi antara karakter dan literasi artinya dengan membudayakan literasi akan bisa membangun karakter.

“Tidak sekedar melek literasi tapi paham wujud literasi berupa ilmu pengetahuan  yang akan memberdayakan manusia untuk cerdas. Kalau cerdas otomatis akan memiliki karakter yang baik, karakter jujur, kerja keras, menghargai orang lain, kerjasama. Apalagi sejalan dengan visi sekolah kita yaitu cerdas, trampil, mandiri, berakhlak mulia berlandaskan iman dan takwa,” ungkapnya.

Pada acara ini juga dilaksanakan pemberian kenang-kenangan alumni angakatan 1997 Anak Mbarep dan alumni Dewan Ambalan Prakasa kepada sekolah. Selain itu dimeriahkan penampilan atraksi antara lain Shemapore Pramuka, paduan suara, performance silat, hadroh Jami Su’ud, ekstra tari Smansaprama, penyerahan piala volly putra-putri SMP lomba MSQ, band kelas X UFORIA Band. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top