Karawitan SMPN 1 Selogiri Banjir Pesanan Untuk Hajatan Warga

Print Friendly and PDF

Karawitan SMPN 1 Selogiri saat tampil di acara hajatan pernikahan.

Karawitan SMPN 1 Selogiri Banjir Pesanan Untuk Hajatan Warga

Wonogiri-majalahlarise.com-Tim karawitan siswa SMP Negeri 1 Selogiri tidak diragukan lagi kemampuannya. Selain sering memenangkan lomba festival karawitan, tim karawitan ini kebanjiran pesanan mengiringi acara hajatan mantu atau pernikahan warga setempat.

Pembina sekaligus pelatih seni karawitan SMP Negeri 1 Selogiri, Joko Purwanto, S.Sen, MM mengatakan keterlibatkan siswa eksktra karawitan mengisi hajatan di warga masyarakat untuk memberi pembelajaran mental keberanian tampil di depan umum, menambah kreatifitas serta tantangan bagi siswa.

"Siswa biasanya mengisi festival tahunan. Pembelajaran karawitan saya tambah materi dikemas untuk konsumsi masyarakat. Mereka berhasil berlatih kami pentaskan di orang punya hajatan," ungkapnya kepada media belum lama ini.

Lebih lanjut, pak Joko menyampaikan setelah pertama kali tampil di acara hajatan masyarakat, banyak orang yang menanyakan apakah bisa tim karawitan main di acara hajatannya. Bahkan sudah ada yang pesan untuk bulan Maret mendatang.

"Gending yang dimainkan itu gending orang dewasa seperti gending uyon-uyon klonengan menurut selera masyarakat," jelasnya.

Disinggung mengenai persiapan sebelum pentas, pria ramah ini mengaku dirinya dalam membimbing siswa butuh upaya dan latihan lebih keras lagi sebab siswa yang ikut karawitan kebanyakan siswa kelas tujuh.

"Kemampuan siswa saya pacu dalam satu bulan persiapan memainkan gending-gending yang dibutuhkan selama hajatan pernikahan," ujarnya.

Dikatakan pula, orang tua siswa sangat mendukung bahkan para tamu undangan hajatan penasaran bertanya siswa dari sekolah mana yang tampil dan ingin menanggap. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top