268 Mahasiswa KKN Periode II TA 2019/2020 Univet Siap Mengabdi di Tiga Kabupaten

Print Friendly and PDF

Penyematan jaket KKN oleh Rektor Univet, Wakil Rektor 1, LPPM Univet, dan Ketua KKN kepada perwakilan mahasiswa KKN.

268 Mahasiswa KKN Periode II TA 2019/2020 Univet Siap Mengabdi di Tiga Kabupaten

Sukoharjo-majalahlarise.com-Sebanyak 268 mahasiswa  KKN (Kuliah Kerja Nyata) periode II Tahun Akademik 2019/ 2020 dilepas oleh Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP secara simbolis dengan penyematan jaket KKN kepada perwakilan mahasiswa KKN. Jumat (31/1/2020).

Selanjutnya mahasiswa KKN akan mengabdikan diri memberi manfaat kepada masyarakat selama dua bulan di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Gunungkidul di kecamatan Karangmojo dan Semin, Kabupaten Karanganyar di kecamatan Kerjo dan kabupaten Wonogiri di kecamatan Wonogiri.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP dalam sambutan pelepasan KKN memberikan arahan dan pesan kepada mahasiswa KKN untuk jangan lupakan menjaga kebersaman dengan masyarakat mulai penerjunan mencari tokoh-tokoh masyarakat dilokasi KKN dengan silaturahmi minta petunjuk dan bimbingan. Begitu pula ketika merancang program jangan lupakan masyarakat dan tokoh masyarakat bisa RT, RW, Lurah dan sebagainya.

"Kemudian buatlah program yang manfaat besarnya untuk masyarakat sehingga tolok ukur paling sederhana ketika mahasiswa pulang dari KKN banyak warga yang menangis itu tandanya kesannya luar biasa," jelasnya.

Pihaknya berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik pribadi dan nama baik Univet Bantara. "Saat ini KKN Univet Bantara sudah bereputasi di mata masyarakat. Jaga situasi dan kondisi sesuai kearifan lokal yang ditunjukkan bisa berbaur di masyarakat," terangnya.

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi etika mahasiswa KKN di masyarakat oleh motivator Seno Hadi Semitro. Ia menerangkan bahwa orang hidup harus punya tujuan hidup yang jelas seperti saat ini mahasiswa KKN memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat dan bisa diterima oleh masyarakat.

"Syaratnya niat yang kuat melaksanakan KKN secara sungguh-sungguh. Dilaksanakan ikhlas tidak mengeluh dan totalitas jiwa dan raga dalam melakukannya," jelasnya.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan KKN mahasiswa haruslah mengetahui kebutuhan dan keinginan masyarakat dan bersama-sama bisa mewujudkannya. Selalu hormati adat dan sistem masyarakat, menjaga sopan santun.

Sementara itu, Ketua KKN Univet, MS Khabibur Rahman, M. Si menerangkan mahasiswa KKN yang berada di kecamatan Karangmojo Gunungkidul sebanyak 93 mahasiswa terbagi di sembilan desa. Di kecamatan Semin Gunung Kidul sebanyak 109 mahasiswa tersebar di 10 desa. Di kecamatan Kerjo Karanganyar sebanyak 66 mahasiswa tersebar di enam desa dan di kecamatan Wonogiri kabupaten Wonogiri ada 12 mahasiswa berada di satu desa yaitu Purwosari. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top