Penguatan Karakter Siswa SMPN 4 Wonogiri Lewat Pendidikan Jurnalistik

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 4 Wonogiri saat mengikuti pelatihan jurnalistik. 

Penguatan Karakter Siswa SMPN 4 Wonogiri Lewat Pendidikan Jurnalistik

Wonogiri-majalahlarise.com-Penguatan Pendidikan karakter siswa melalui pendidikan jurnalistik dilakukan oleh SMP Negeri 4 Wonogiri dengan menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa. Pelatihan ini menghadirkan pemateri Sofyan Y.A, S.Sos selaku pengelola majalahlarise.com dan wakil pemimpin redaksi majalah Edukasi. Selasa (10/12/2019).

Kepala SMP Negeri 4 Wonogiri,  Sukiman, S.Pd menyampaikan adanya pendidikan jurnalistik ini memupuk penguatan karakter siswa yaitu keberanian, kejujuran, kreatifitas, dan berani menuangkan ide-ide dalam karya tulis. Sehingga siswa menjadi kreatif.

"Pendidikan jurnalistik dipilih untuk penguatan karakter karena inti dari jurnalistik adalah kejujuran. Sebab tanpa kejujuran jurnalistik tidak ada nilainya. Seorang wartawan harus bisa menyampaikan berita apa adanya secara jujur tanpa ditambahi dan dikurangi. Karena masyarakat perlu berita original," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pendidikan jurnalistik ini siswa dididik untuk berani dalam arti siswa bisa melakukan wawancara berhadapan langsung dengan narasumber berita tokoh masyarakat, pejabat negara, pejabat daerah maupun pejabat yang berkunjung ke Wonogiri.

"Dengan keberanian ini mereka mempunyai kreativitas memunculkan pertanyaan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Selain itu, untuk meningkatkan daya nalar siswa sehingga memiliki literasi yang baik," katanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini untuk mendukung penerbitan buletin sekolah yang diberi nama buletin MELATI. Buletin ini menghimpun karya tulis siswa dalam bentuk berita maupun sastra.

Dalam pemaparan materi, Sofyan Y.A, S.Sos menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik penggalian informasi melalui wawancara, pengertian berita dan cara menulis berita. (Inn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top