METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Print Friendly and PDF

METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Oleh : Arum Cahyanti, S.Pd

SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara, Jawa Tengah

Arum Cahyanti, S.Pd


     Tinggi rendahnya martabat suatu bangsa diukur dengan tinggi rendahnya peradaban bangsa tersebut, makin tinggi peradaban makin tinggi pula martabat bangsa. Pencapaian peradaban yang tinggi perlu mengupayakan pendidikan yang berkualitas. Usaha dalam membimbing anak-anak dengan penuh tanggung jawab akan membawa anak didik kearah yang lebih sempurna dan mewujudkan suasana belajar yang lebih aktif dan kreatif. 

        Pendidikan sebagai proses pembelajaran bertujuan pengembangan potensidiri pada siswa secara optimal baik kognitif, afektif1 serta psikomotoriknya. Salah satu masalah pembelajaran di sekolah-sekolah indonesia adalah adanya fakta bahwa guru masih dominan dalam kegiatan pembelajaran hal ini menyebabkan banyak siswa kurang mandiri dalam kegiatan pembelajaran dan hanya bergantung pada guru untuk mendapatkan materi pelajaran. Kenyataan tersebut menyebabkan banyak siswa memiliki kecenderungan menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. 

        Metode yang dapat di gunakan untuk mengatasi pembelajaran yang masih didominasi oleh guru salah satunya yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dengan adanya model pembelajaran ini, siswa cenderung aktif untuk mengikuti pembelajaran di kelas karena semua siswa terlibat secara langsung. Think-Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. 

        Think-Pair-Share (TPS) sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu thinking, pairing, dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented), tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), merupakan suatu pembelajaran kooperatif yang memberikan kepada siswa waktu untuk berfikir dan merespon. Hal ini menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan serta menumbuhkan sikap saling membantu satu sama lain. Banyak penelitian yang menggunakan metode tersebut untuk mengetahui keaktifan siswa di dalam kelas. Model pembelajaran ini meningkatkan keatifan siswa di dalam kelas sehinggan proses pembelajaran yang terjadi tidak lagi teacher centered learning melainkan student centered learning.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top