SMK Negeri 1 Sukoharjo Lengkapi Laboratorium Kelas Ritel

Print Friendly and PDF

Kepala SMKN 1 Sukoharjo, Mujiono foto bersama People and Development Manager Alfamidi, Risya Antarisya usai penandatanganan naskah kerjasama (MoU). 

SMK Negeri 1 Sukoharjo Lengkapi Laboratorium Kelas Ritel

Sukoharjo-majalahlarise.com-SMK Negeri 1 Sukoharjo makin berkembang dan melengkapi sarana prasarna prakter kerja untuk mempersiapkan lulusan siap kerja.

“Kami kini memiliki laboratorium kelas ritel. Kelas industri atau teaching factory midi class untuk mempersiapkan lulusan SMK agar bisa langsung kerja di dunia industri, khususnya ritel,” kata Mujiono, Kepala SMKN 1 Sukoharjo, Kamis (21/11/2019).

Teaching factory midi class ini diwujudkan atas kerja sama dengan PT Midi Utama Indonesia Tbk, yang sudah diakui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).

Lebih lanjut, Mujiono menuturkan tidak semua siswa atau siswi jurusan Pemasaran akan mendapatkan kurikulum ritel tersebut. Hal ini dikarenakan kurikulum baru ini masih terbatas untuk satu kelas sekitar 30 sampai 40 siswa.

Selain itu, peminat jurusan ini juga akan mendapatkan akses khusus untuk langsung bekerja di PT Midi Utama Indonesia Tbk. sehingga untuk dapat mengikuti program ritel tersebut harus lulus tes terlebih dahulu.

“Ini nilai lebih dari kurikulum ritel dimana lulusannya nanti dapat langsung bekerja di Alfamidi tanpa test, sehingga siswa yang masuk ke kurikulum ini tidak harus melalui proses seleksi sebagaimana seleksi yang ada di Alfamidi,” imbuh Mujiono.

People and Development Manager Alfamidi, Risya Antarisya menerangkan program tersebut merupakan aktivitas sosial perusahaan (CSR) dibidang pendidikan yang memiliki tujuan untuk mencari tenaga-tenaga siap kerja di bidang ritel.

“Ini adalah sekolah ke-21 yang kami kerja sama, kami berharap dari program yang kami namakan Alfamidi Class ini dapat memperoleh tenaga kerja siap pakai di bidang ritel. Tentu bagi mereka yang lulus SMK ingin langsung bekerja,” katanya.

Selain mendapatkan kelas ritel, SMKN 1 Sukoharjo juga mendapatkan hibah berupa laboratorium ritel. Laboratorium ini memiliki disain yang sama persis dengan gerai Alfamidi, yang berbeda hanya di item barang yang dijual dan sistem yang tidak online.

“Sebelumnya SMK N 1 Sukoharjo ini memiliki koperasi sekolah, ini yang kita dress-up menjadi toko semi modern yang dapat dijadikan tempat praktik bagi siswa-siswi jurusan ritel,” terang Risya.

Risya berharap, laboratorium tersebut dapat benar-benar dioptimalkan sehingga dapat berkembang dan mandiri sehingga dapat dijadikan sebagai daya tarik di jurusan Pemasaran. (Dea/Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top