PDM Surakarta Selenggarakan Upacara Milad ke-110 H / 107 M Muhammadiyah

Print Friendly and PDF


Bertindak selaku Pembina Upacara Drs. H. Tridjono Ketua Majelis Dikdasmen PDM Surakarta. 
PDM Surakarta Selenggarakan Upacara Milad ke-110 H / 107 M Muhammadiyah

Solo-majalahlarise.com-Muhammadiyah merupakan organisasi gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar didirikan oleh KH Ahmad Dahlan  di Jogjakarta pada tanggal 08 Dzulhijjah 1330 H (saat ini Milad ke 110) bertepatan pada tanggal 18 November 1912 M (saat ini Milad ke 107), Milad mengambil tema “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta mengadakan upacara dalam rangka memperingati Milad (Ulang Tahun) yang ke 110. Upacara dilaksanakan di halaman Gedung Balai Muhammadiyah jalan Teuku Umar No. 5 Solo. Senin (18/11/2019) pukul 07.30 WIB.

Bertindak selaku Pembina Upacara Drs. H. Tridjono (Ketua Majelis Dikdasmen), upacara diikuti oleh seluruh Pimpinan Majelis PDM Surakarta, para pegawai dan Ortom (Organisasi Otonom), serta perwakilan dari Amal Usaha Muhammadiyah.

Tridjono selaku Pembina Upacara membacakan sambutan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan Muhammadiyah sepanjang gerakannya memiliki komitmen dan tanggungjawab tinggi untuk memajukan kehidupan bangsa dan negara sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa. Para tokoh Muhammadiyah seperti K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Mas Mansyur, Ki Bagus Hadikusumo, Kahar Muzakkir, Kasman Singodimedjo, Panglima Besar Jenderal Soedirman, Ir. Djuanda, dan pemimpin-pemimpin lainnya, telah turut-serta dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjadi bagian penting yang berperan-aktif dalam meletakkan fondasi Negara Republik Indonesia.

Muhammadiyah telah berbuat senyata-nyatanya untuk mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa di bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, pemberdayaan masyarakat. Apa yang selama ini dikerjakan Muhammadiyah telah diakui oleh masyarakat luas dan juga oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"Dalam kerangka itu, pemerintah menetapkan K.H. Ahmad Dahlan sebagai Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 657 tanggal 27 Desember 1961," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam bidang pendidikan, Muhammdiyah telah berkiprah nyata dan memberi kontribusi strategis yang besar bagi usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa. Kiprah dan kontribusi Muhammadiyah di bidang pendidikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sungguh besar.

"Ketika Indonesia harus memfokuskan diri pada pembangunan sumberdaya manusia guna memasuki era revolusi industri 4.0 yang penuh tantangan dan kompetisi, maka keberadaan dan peran Muhammadiyah dengan lembaga pendidikannya yang besar dan berkualitas sangatlah niscaya dan menentukan," terangnya.

Sementara itu, Drs. H. Yatimun selaku Sekretaris majelis Dikdasmen menjelaskan, kegiatan upacara dalam rangka milad Muhammadiyah diselenggarakan secara rutin.

"Milad juga akan diselenggarakan jalan sehat keluarga pada hari Ahad tanggal 24 November 2019 pukul 05.30 WIB start dan finish Balai Muhammadiyah yang akan diikuti 7.000 (tujuh ribu)  keluarga besar Muhammadiyah kota Surakarta," katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top