Tim GEOVETSUKO Juara 3 kompetisi Shape for Better Comunity a Geospatial Hacketon

Print Friendly and PDF

Tim GEOVETSUKO menunjukan hasil penelitian pemanfaatan informasi geospasial untuk penanganan banjir Baleendah.

Tim GEOVETSUKO Juara 3 kompetisi Shape for Better Comunity a Geospatial Hacketon

Sukoharjo-majalahlarise.com-Tim GEOVETSUKO yang merupakan gabungan perwakilan dari Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) berhasil menjadi juara 3 pada kegiatan kompetisi Shapefor Better Comunity a Geospatial Hacketon.

Kompetisi ini dilakukan 3 tahap, pada tahap pertama dilaksanakan seleksi proposal yang kemudian diambil 5 proposal terbaik untuk masuk tahap 2 di Bandung. Proposal yang terpilih masuk tahap 2 yaitu perwakilan dari ITB Bandung, 2 tim dari Universitas Indonesai (UI), tim dari World Research Indonesia dan dari Geovetsuko.

Pada tahap 2 tanggal 4-6 Oktober 2019 peserta diberikan kesempatan untuk mengamati dan memperoleh data mengenai banjir di Baleendah, dan selanjutnya peserta diberikan waktu sampai tanggal 19 Oktober 2019 untuk menciptakan program untuk mengatasi banjir di Baleendah tersebut.

Tim GEOVETSUKO memilih tema pemanfaatan informasi geospasial untuk penanganan banjir Baleendah.

Pada tanggal 20 Oktober 2019, program tersebut dipresentasikan dihadapan juri dari UNICEF, UNESCO, UNITAR, Openstreetmap, dan BNPB. Berdasarkan keputusan dewan juri, tim GEOVETSUKO berhasil menduduki peringkat 3 dibawah tim World Research Indonesia dan ITB serta diatas 2 tim dari Universitas Indonesia (UI).

Leader tim GEOVETSUKO Dr. M Amin Sunarhadi menyampaikan  pembelajaran geografi di era industri 4.0 ini membutuhkan guru yang memahami manajemen data geospasial dan ilmu sosial.

"Karena geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi di mana manusia tinggal," ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top