SD Negeri 1 Temboro Karangtengah Gelar Parenting Class

Print Friendly and PDF

Orang tua dan siswa saat mengikuti kegiatan parenting class. 
SD Negeri 1 Temboro Karangtengah Gelar Parenting Class

Wonogiri-majalahlarise.com-SD Negeri 1 Temboro Kecamatan Karangtengah menggelar kegiatan Parenting Class.  Kegiatan ini merupakan salah satu program sekolah sebagai upaya pelibatan orang tua pada kegiatan pembelajaran sesuai dengan amanat Permendikbud nomor 30 tahun 2017. Rabu (2/10/2019).

Kepala SD Negeri 1 Temboro, Eko Siswanto mengatakan melalui kegiatan parenting ini diharapkan terjalin komunikasi yang efektif antara sekolah guru siswa dan orang tua sehingga semua elemen dapat saling mendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengatasi permasalahan-permasalahan selama penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

“Pada kesempatan ini parenting class SD Negeri 1 Temboro mengangkat tema pengolahan potensi lokal  Karangtengah. Seperti kita ketahui bahwa Karangtengah kaya akan hasil-hasil bumi yang bernilai ekonomi tinggi dan ini perlu diolah agar dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Ditambahkannya, dengan parenting ini diharapkan muncul kreativitas dari siswa maupun orang tua sehingga kreativitas dapat terus dikembangkan menjadi sebuah pola berpikir kreatif.

“Parenting kali ini, sekolah memberikan kebebasan kepada orang tua untuk memilih materi, menyiapkan bahan sampai dengan bahan jadi. Sesekali orang tua harus mengajarkan sesuatu kepada anaknya di sekolah, sehingga terjalin kolaborasi yang baik antara sekolah dengan orang tua,” ungkap Eko.

Guru, orang tua, dan siswa saat foto bersama. 
Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan pada kegiatan ini tiap kelas mengadakan kegiatan sendiri sehingga banyak materi dan produk yang dihasilkan diantaranya, jamu beras kencur dan kunir asam (cair dan serbuk), serbuk wedang jahe, permen asem, keripik batang pisang, hiasan pohon dari bunga pinus dan keripik kelapa. Semua bahan adalah hasil potensi lokal Karangtengah,” terangnya.

Salah satu orang tua siswa, Sunarni mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. “Pengalaman pertama ketika harus mengajari anak-anak di sekolah, senang rasanya bisa belajar bareng bersama anak-anak, merasakan susahnya mengatur anak-anak, dan tentunya bisa memberdayakan ibu-ibu,” tutur Sunarni

Sementara itu, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Karangtengah, Warno, S.Pd. M.Pd menjelaskan siswa terlihat sangat senang dan orang tua begitu antusias, ini merupakan indikator bahwa program parenting class ini ke depan dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Sedangkan Pengawas TK.SD, Suwarmo, S.Pd. M.Pd menyampaikan dengan kegiatan ini akan memberikan dampak yang baik terhadap kinerja sekolah.

“Dengan adanya dukungan dan partisipasi orang tua yang sangat baik, akan sangat mendukung pencapaian program sekolah. Harap didokumentasikan program, pelaksanaan, monitoring dan evaluasinya sehingga dapat dikembangkan berkesinambungan,” harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top