PNM Sragen Bekali Nasabah Dengan Ketrampilan Digital Marketing

Print Friendly and PDF

Pengenalan pelaku usaha kecil dari generasi melenial yang sukses membuat serta memasarkan produk ikan dan jamur crispy. 
PNM Sragen Bekali Nasabah Dengan Ketrampilan Digital Marketing

Sragen-majalahlarise.com-Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero salah satu BUMN yang usahanya difokuskan untuk pemberdayaan pelaku ekonomi mikro. Menjalankan program pengembangan usaha  UMKM,  berupa penyaluran pembiayaan, temu nasabah dan pendampingan usaha yang dilakukan secara rutin dan diselenggarakan secara berkala.

PNM Sragen yang terdiri dari enam Unit Layanan Mikro Madani (ULaMM), yaitu Sambungmacan, Sukodono, Masaran, Pasar Gondang, Pasar Sragen Kota dan Pasar Gemolong, Kamis (10/10/2010), bertempat di Rumah Makan Roso Joyo 2. Sragen,  menggelar temu nasabah.

Menurut salah satu panitia, Yoyok,  temu nasabah dihadiri 136 nasabah dari beragam jenis pelaku usaha kecil dan mikro. Mulai dari pedagang pasar, peternak, petani, usaha home indusri. Menghadirkan narasumber Direktur Amalia Consulting, Suharno, menyampaikan materi "Rocket Marketing".

Temu nasabah, dibuka salah satu pimpinan PNM Cabang Solo, Agung Prihantoro. Dalam sambutannya, Agung, menjelaskan PNM merupakan BUMN lembaga pembiayaan non perbankan. Tugas utama menyalurkan pembiayaan untuk sektor UMKM,  serta memberikan pendampingan usaha.

" Dana  yang digulirkan PNM di seluruh Indonesia mencapai 21 trilyun, tersebar di 28 provinisi dikelola 764 unit ULaMM. Untuk wilayah Solo mencakup 6 kabupaten. Dana yang digulirkan 690,5 Milyar dari 17 unit ULaMM,  dengan nasabah sekitar 9.150 UMKM," paparnya.

Lebih lanjut, Agung Prihantoro,
menyatakan PNM berkomitmen untuk terus secara berkesinambungan meningkatkan dan memberdayakan perekonomian rakyat, khususnya para pelaku ekonomi kecil dan mikro.

Narasumber temu nasabah, Suharno, memaparkan materi  dengan fun dan atraktif, serta dengan bahasa membumi, sehingga peserta betah mengkuti kegiatan hingga usai acara.

"Sudah saatnya pelaku usaha kecil dan mikro memanfaatkan digital marketing secara intensif untuk mendongkrak omzet penjualan. Dengan cara yang kreatif dan cerdas, maka produk dan jasa dapat dipasarkan secara efektif dan efisien," paparnya.

Lebih lanjut, Suharno, membeberkan trik dan tip memanfaatkan google bisnis dan media sosial untuk mendukung penjualan,  disertai contoh-contoh kongkrit.

Di sesi akhir, Agung Prihantoro, memandu dan mengenalkan pelaku usaha kecil dari generasi melenial yang sukses membuat serta memasarkan produk ikan dan jamur crispy. Dengan memanfaatkan internet dan media sosial ke dua produk telah mampu menembus pasar internasional. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top