SMAN 1 Manyaran Jadi Sekolah Pengembangan Pendidikan Karakter se-Wonogiri

Print Friendly and PDF

Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd saat menyampaikan sambutan. 

SMAN 1 Manyaran Jadi Sekolah Pengembangan Pendidikan Karakter se-Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-SMA Negeri 1 Manyaran ditunjuk oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI PDK Provinsi Jawa Tengah sebagai sekolah pengembangan pendidikan karakter se-Wonogiri. Hal itu diungkapkan Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi program sekolah tentang peran serta masyarakat dan program pengembangan pendidikan karakter. Jumat (30/8/2019) di aula sekolah setempat.

“Pendidikan karakter itu karakter utama yang dikembangkan ada lima yaitu karakter relegius, karakter nasionalisme atau cinta tanah air, karakter kemandirian, karakter gotong royong dan kerjasama, karakter integritas,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan  karakter religius atau keagamaan yang saat ini dikembangkan di SMA Negeri 1 Manyaran diantaranya sholat Dluhur dan Ashar berjamaah serta sholat Dhuha pada istirahat pertama di masjid. Kegiatan infak siswa setiap hari Jumat untuk mendukung kegiatan keagamaan.

“Karakter nasionalisme cinta kepada tanah air melalui kegiatan baris berbaris, upacara bendera dan sebagainya. Karakter kemandirian didukung kegiatan life skill merupakan bekal siswa setelah lulus mendapatkan ijasah dan sertifikat life skill untuk bekerja. Life skill bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Wonogiri untuk uji kompetensi. Karakter gotong royong dan kerjasama antara sekolah, masyarakat dan orang tua. Karakter integritas anak-anak dilatih tentang kejujuran, keteladanan, dan cinta kepada kebenaran,” paparnya.
Orang tua siswa kelas 10, 11 dan 12 saat mengikuti acara sosialisasi program sekolah. 

Ditambahkannya, SMA Manyaran juga ditunjuk sebagai sekolah Adiwiyata pada bulan Oktober 2019 penilaian tingkat kabupaten yang akan diajukan ke tingkat provinsi.

“Saya mohon doa dan dukungan dari bapak dan ibu wali murid terkait sekolah Adiwiyata. Adanya sekolah Adiwiyata menjadikan lingkungan belajar baik, kondusif didukung sekolah yang sejuk," katanya.

Sementara itu, Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sardito, M.Pd menyampaikan adanya pengembangan pendidikan karakter berharap siswa ketika lulus memiliki perilaku yang baik. Karena orang sukses itu tidak hanya dari pengetahuan tetapi juga dari ketrampilan dan sikap karakter yang dimiliki. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top