Proker Unggulan Mahasiswa KKN Univet di Kecamatan Girisubo Gunungkidul Vareatif

Print Friendly and PDF

Tim monitoring dan evaluasi KKN Univet saat foto bersama mahasiswa KKN di desa Karangawen. 
Proker Unggulan Mahasiswa KKN Univet di Kecamatan Girisubo Gunungkidul Vareatif

Gunungkidul-majalahlarise.com-Tim monitoring dan evaluasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univet terdiri Dra. Dewi Susilowati, M.Pd, Dr. Sri Wahyu A, Ir. Catur Rini S, M.M dan Andika Ayu W, S.Si, M.Pd melakukan monitoring dan evaluasi di lokasi KKN tepatnya di kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Senin (16/9/2019).

Mereka mengevaluasi program kerja mahasiswa KKN yang telah terlaksana di delapan desa yaitu desa Jeruk Wudel, Ngelindur, Song banyu, Pucung, Karangawen, Balong, Tileng dan Jepitu.

Wakil Rektor II Univet Bantara Sukoharjo, Dra. Dewi Susilowati, M.Pd dihadapan mahasiswa KKN menyampaikan program kerja yang belum terlaksana agar segera diselesaikan mengingat waktu KKN tinggal 19 hari lagi. Selain itu, program unggulan di masing-masing desa harus dapat terealisasi dengan baik.

"Kami berharap sebelum selesai KKN semua program kerja maupun laporan kegiatan KKN selesai begitu pula urusan dengan desa. Sebab kalau belum selesai kasihan perjalanan jauh bolak balik," jelasnya.

Pihaknya juga mengingatkan mahasiswa membuat video kreatif  semua kegiatan diambil. Sebab melihat hasil seluruh video kreatif memberi gambaran bagaimana pelaksanaan mahasiswa selama berada di lokasi KKN.

"Dalam monev ini silahkan mahasiswa menyampaikan kendala maupun hasil program kerja yang telah dilaksanakan. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk KKN berikutnya," terangnya saat berada di Posko lokasi KKN desa Jeruk Wudel.

Dalam kesempatan itu, setiap desa mempresentasikan program kerja maupun produk unggulan yang telah dilaksanakan. Seperti di desa Jeruk Wudel perwakilan mahasiswa menjelaskan produk yang dihasilkan bersama masyarakat berupa pupuk fermentasi, pembangunan bank sampah, pengelolaan sampah bekerjasama dengan puskesmas.

Mahasiswa KKN di desa Song Banyu menyampaikan program pembuatan taman baca masyarakat. Hal ini dilatar belakangi kurangnya minat baca masyarakat desa. Selain itu membantu inovasi produk makanan lokal opak masyarakat.

Sedangkan mahasiswa di desa Pucung  pembuatan nutrisi dan protein pakan ternak sapi melalui proses fermentasi jerami padi dan nutrisi makan ayam dari rempah-rempah. Begitu pula di desa Nglindur mahasiswa membuat pupuk cair organik.

Setelah dari posko KKN desa Jeruk Wudel, tim monev melanjutkan perjalanan ke pos KKN desa Karangawen dan melakukan evaluasi program kerja mahasiswa di desa Karangawen, Balong, Tileng, dan Jepitu. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top