Latihan "WATER RESCUE" Bersama PMI Sukoharjo

Print Friendly and PDF

PMI Kabupaten Sukoharjo menggelar latihan bersama Water Rescue di Danau Salsabila UMS Pabelan Kartasura.
Latihan "WATER RESCUE" Bersama PMI Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Palang Merah Indonesia, PMI Kabupaten Sukoharjo menggelar serangkaian kegiatan yang salah satunya  latihan bersama Water Rescue di Danau Salsabila UMS Pabelan Kartasura, Minggu (29/9/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR) Unit Markas 30 orang, KSR Unit IAIN 30 orang dan KSR Unit UMS 30 orang.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukoharjo Ismoyo Sidik dalam rilis menjelaskan kegiatan Latihan Bersama Water Rescue mengangkat tema “Kita Tangguh Indonesia Maju”.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah bekal relawan dalam hal pertolongan air," tuturnya.

Lebih lanjut Ismoyo menjelaskan wilayah  kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah yang beresiko besar terhadap bencana banjir. Oleh karena itu pihaknya perlu meningkatkan kapasitas relawan dalam pertolongan air, termasuk memilih lokasi latihan di Kartasura yang notabenenya pada beberapa waktu terakhir menjadi daerah yang sering terdampak banjir.

“Di lingkungan UMS ini sendiri juga rawan terjadi bencana banjir. Kita gelar latihan bersama KSR Unit Markas, KSR Unit UMS dan KSR Unit IAIN ini juga agar nantinya mereka yang lebih dominan berada di wilayah Kartasura, dapat menjadi penyelamat awal dan tangan panjang PMI dalam penanganan bencana di sini,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga merupakan awal project PMI Sukoharjo dalam program “Kampus Siaga Bencana” serta memperluas cakupan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Semoga mereka dapat mengimplementasikan ilmu kesiapsiagaan bencana dan kepalangmerahan di lingkungan internal kampus maupun kepada masyarakat di sekitar kampus,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Latihan Bersama Water Rescue yang juga Komandan KSR Unit Markas PMI Sukoharjo, Haryono mengatakan kegiatan latihan bersama dibagi dalam dua sesi latihan yakni teori dan sesi praktek atau simulasi. Sejumlah materi yang diberikan di antaranya defeance release, penjangkauan korban dan olah gerak perahu.

“Untuk pemateri sendiri selain dari Staf Bidang Penanggulangan PMI Sukoharjo, kita juga bekerjasama dengan SAR Kabupaten Sukoharjo. Kita gunakan dua perahu motor, satu dari Markas  PMI Sukoharjo dan satu dari BPBD Kabupaten Sukoharjo,” katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top