“Kencleng Surga” SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo untuk Korban Asap

Print Friendly and PDF

Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta turut membatu korban bencana asap di Kalimantan dan sumatera. 

“Kencleng Surga” SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo untuk Korban Asap

Solo-majalahlarise.com-Sejumlah 481 siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo melakukan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana dengan tajuk "Peduli Bencana Asap Sumatra dan Kalimantan" berlangsung di hall sekolah, Senin (23/9/2019).

Kegiatan diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan doa bersama untuk para korban kabut asap. Selesai doa bersama yang dipimpin oleh guru agama, para siswa secara bergantian memberikan donasi bagi korban bencana dengan cara memasukkan uang ke dalam kotak yang sudah disiapkan oleh guru.

Sehari sebelumnya, sekolah telah mengumumkan kepada para siswa supaya membawa uang seikhlasnya untuk membantu korban bencana k abut asap. Himbauan juga disebarkan melalui grup Whatsapp orang tua siswa.

Selain penggalangan dana ini, para siswa juga berinisiatif menyumbangkan uang infaq harian mereka yang setiap hari dimasukkan ke dalam “Kencleng Surga”. Program ini merupakan kerjasama antara sekolah dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Solo. Setiap siswa diberikan sebuah kaleng yang dimodifikasi menjadi seperti celengan untuk tempat mereka memasukkan infaq harian.

Muhamad Arifin, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas mengungkapkan doa bersama dan penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian warga sekolah terhadap para korban bencana.

"Kami ingin mengajarkan nilai-nilai kepedulian dan empati kepada para siswa," terangnya.

Arifin menambahkan kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana lebih dari empat belas juta rupiah dan akan disalurkan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Solo.

Salah satu siswa kelas IV, Keanu Raditya Putra Raharja mengaku sangat bersedih dengan peristiwa bencana kabut asap yang melanda wilayah Sumatra dan Kalimantan. Dia tidak habis pikir dengan orang-orang yang tega membakar hutan sehingga menyusahkan banyak warga masyarakat.

"Saya sangat sedih dengan kejadian ini apalagi kemarin diberitakan ada bayi yang sampai meninggal", ungkapnya.

Keanu mengaku ikut menyumbang  dana untuk para korban bencana karena baru itu yang bisa dia perbuat. Dia berharap kebakaran hutan bisa segera diatasi sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan normal.

"Saya dan teman-teman ikut mendoakan dan sedikit membantu ," pungkasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top