Ekstra Jurnalistik Perkuat Tim Redaksi Majalah ORBIT SMPN 1 Selogiri

Print Friendly and PDF


Pemateri, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat menyampaikan materi pada ekstrakurikuler jurnalistik siswa SMPN 1 Selogiri. 

Ekstra Jurnalistik Perkuat Tim Redaksi Majalah ORBIT SMPN 1 Selogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Ekstrakurikuler jurnalistik siswa SMPN 1 Selogiri tahun pelajaran 2019/ 2020 dilaksanakan perdana diikuti 18 siswa dari kelas 7 dan kelas 8. Ekstrakurikuler ini dibimbing oleh praktisi media sekaligus pengelola majalahlarise.com, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos. Rabu (11/9/2019) bertempat di laboratorium komputer sekolah setempat.

Rizkie Perdana, S.Kom selaku pembina jurnalistik sekaligus pemimpin redaksi majalah ORBIT SMPN 1 Selogiri mengatakan ekstrakurikuler jurnalistik di SMPN 1 Selogiri diadakan sejak tahun 2011. Setiap tahun ada regenerasi pergantian personil redaksi kelas 7 dan kelas 8 sedangkan kelas 9 sudah tidak aktif lagi di redaksi majalah ORBIT karena fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah mapun ujian nasional.

"Sebenarnya ada 26 siswa yang  terdata ikut ekstra jurnalistik namun saat ini yang masuk baru 18 siswa. Diharapkan siswa jurnalistik ini memperkuat tim redaksi untuk menerbitkan majalah ORBIT edisi ke 12 bulan Desember 2019," terangnya.

Siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Selogiri saat mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik. 
Lebih lanjut dikatakan, majalah ORBIT merupakan majalah sekolah sebagai media untuk pembelajaran siswa dalam bidang jurnalistik. Selain itu, mendukung program literasi sekolah.

"Majalah ORBIT SMPN 1 Selogiri sudah memiliki ISSN (International Standard of Serial Number) dikeluarkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang berkedudukan di Jakarta," ucapnya.

Sementara itu, pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos pada pertemuan perdana ini menyampaikan dasar-dasar jurnalistik dan teknik penulisan berita.

"Jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarkan berita untuk surat kabar, majalah, dan media massa lainnya seperti radio dan televisi maupun media online," paparnya. (Ed)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top