Dosen FISIP Univet Berbagi Ilmu Public Speaking dan Jurnalistik Majalah Sekolah di SMAN 1 Gondangrejo

Print Friendly and PDF

Pemateri Dr. Yoto Widodo saat menyampaikan materi tentang public speaking. 

Dosen FISIP Univet Berbagi Ilmu Public Speaking dan Jurnalistik Majalah Sekolah di SMAN 1 Gondangrejo

Karanganyar-majalahlarise.com-Siswa SMA Negeri 1 Gondangrejo menerima bekal ilmu public speaking dan jurnalistik majalah sekolah dari Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univet Bantara Sukoharjo yaitu Dr. Yoto Widodo, Dra. Betty Gama, M.Si, Henny Sri Kusumawati, M.Kom, Hariyanto, S.Sos., M.I.Kom dan praktisi media, Sofyan Y.A, S.Sos. Sabtu (7/9/2019). Bertempat di ruang pertemuan sekolah setempat.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud Tri Darma Perguruan Tinggi bagi dosen yakni pengabdian masyarakat dalam bentuk Iptek bagi masyarakat.

Pemateri, Dr. Yoto Widodo menyampaikan tentang public speaking atau berbicara di depan umum merupakan kegiatan penyampaian pesan berupa ide gagasan secara oral atau lisan kepada publik.

"Manfaat yang diperoleh dari kegiatan public speaking diantaranya mengurangi ketidaktahuan, mengurangi tekanan, memperbaiki hubungan antar sesama, memahami permasalahan serta menyelesaikan masalah," ujarnya.

Ditambahkannya kemampuan seseorang dalam public speaking tidak hanya ditentukan oleh bakat yang dimiliki seseorang namun bisa dilatih asalkan ada kemauan yang kuat untuk belajar.

"Hal-hal yang membentuk seseorang menjadi pembicara yang efektif yaitu proses belajar dan berlatih, lingkungan yang kondusif, dan bakat," terangnya.

Sedangkan hal yang perlu diperhatikan saat public speaking, menurut Yoto Widodo yakni variasi suara pengaturan pada volume suara, kecepatan suara,  artikulasi. Selanjutnya ekspresi wajah ketika bicara pastikan mata tidak terpaku pada suatu benda dan biasakan tersenyum.

"Bahasa tubuh juga diperhatikan tidak terkesan kaku tetapi jangan sering mondar mandir ketika penyampaian pesan," ungkapnya.

Siswa SMA Negeri 1 Gondangrejo saat mengikuti kegiatan pelatihan public speaking. 

Di tempat yang sama, Henny Sri Kusumawati, M.Kom berbagi pengalaman tentang cara melakukan public speaking sesuai tujuan dan tahap alur dari public speaking.

"Pesan harus direncanakan dengan memilih pesan yang akan disampaikan, merancang tata cara penyampaian pesan, merancang bagan penyampaian pesan dan menambah isi pesan yang disesuaikan dengan tujuan public speaking baik ilmiah maupun bukan ilmiah," paparnya.

Sementara itu, Dra. Betty Gama, M.Si menerangkan tentang dasar-dasar jurnalistik yang merupakan bekal bagi jurnalis atau wartawan pemula sebelum melakukan kegiatan jurnalistik.

Hariyanto, S.Sos., M.I.Kom menjelaskan tentang teknik foto jurnalistik untuk penerbitan media cetak maupun media online. "Foto jurnalistik ini digunakan untuk mendukung tulisan berita maupun untuk cover majalah," katanya.

Sedangkan, praktisi media, Sofyan Y.A, S.Sos menjelaskan tentang bagaimana seorang wartawan atau jurnalis dalam memperoleh data melalui wawancara kepada narasumber.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Gondangrejo, Hasto Tyas Harjadi, S.Pd, M.Pd mengapresiasi diselenggarakan kegiatan ini bermanfaat bagi siswa sesuai komitmen dari sekolah membekali siswa tidak hanya sekedar teori tapi juga praktik terutama bagaimana berbicara dihadapan orang banyak.

"Terkait majalah sekolah semoga kedepannya ada tindaklanjutnya dapat bermanfaat bagi siswa maupun sekolah," harapnya. (Sofyan)





1 komentar:


Top