21 Mahasiswa FKIP UNS Magang di SMP Negeri 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Mahasiswa FKIP UNS saat mengikuti acara serah terima mahasiswa magang di SMPN 8 Surakarta. 
21 Mahasiswa FKIP UNS Magang di SMP Negeri 8 Surakarta

Solo-majalahlarise.com-Sebanyak 21 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melaksanakan kegiatan magang selama dua bulan di SMP Negeri 8 Surakarta. Mahasiswa magang secara resmi diterima Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman. Kamis (5/9/2019).

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa magang diharapkan  bisa menjadi calon guru yang baik atau setidaknya bisa meniru bapak ibu guru yang menjadi pembimbinya atau guru yang lain.

“Belajar bisa dengan siapa saja, jadi tidak harus menganggap sudah tua bisa dalam segalanya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada saat ini kurikulum yang digunakan sekolah adalah kurikulum 2013. Kurikulum ini untuk mendampingi anak agar berkarakter atau yang lebih populernya PPK (Penanaman Pendidikan Karakter) dengan membiasakan melakukan perilaku yang baik. Sesuai visi SMP Negeri 8 Surakarta yang berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa.

“Keberhasilan penyelenggaraan program magang membutuhkan keharmonisan hubungan para pihak, yaitu FKIP UNS, mahasiswa peserta magang, sekolah mitra, dosen pembimbing dan guru pembimbing. Dengan kondisi tersebut diharapkan selalu terbentuk secara kondusif baik di kampus maupun di sekolah mitra sehingga keberhasilan penyelenggaraan program maupun pencapaian tujuan magang, keduanya dapat berhasil,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Dosen Dra. Ani Rahmawati, MA Phd dalam penyerahan mahasiswa magang 3 menyampaikan selama kurang lebih dua bulan mahasiswa sepenuhnya melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan oleh kampus.

“Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan magang disuatu tempat terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelarnya. Magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Selain itu juga sebagai kesempatan untuk mengimplemantasikan ilmu-ilmu atau teori-teori yang selama ini sudah dipelajari diperkuliahannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, mahasiswa magang yang berjumlah 21 mahasiswa itu terdiri dari enam mata pelajaran antara lain  Bimbingan dan Konseling  dua mahasiswa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia empat mahasiswa, Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan dua mahasiswa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi dua mahasiswa, Pendidikan Bahasa Jawa lima mahasiswa, Pendidikan IPA enam mahasiswa. (Sofyan)










Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top