Upacara Adat Ambalan Iringi Pembukaan Perpegak SMAN 1 Pracimantoro 2019

Print Friendly and PDF

Penyematan tanda peserta oleh Kamabigus kak Nursahid sebagai simbol dimulainya Perpegak 
Penancapan keris dalam upacara adat tradisi Ambalan Sam Ratulangi - Nyi Ageng Pinatih. 
Upacara Adat Ambalan Iringi Pembukaan Perpegak SMAN 1 Pracimantoro 2019

Wonogiri-majalahlarise.com-Gudep Pramuka Ambalan Sam Ratulangi - Nyi Ageng Pinatih 07015-07016 SMAN 1 Pracimantoro mengadakan perkemahan serta pelantikan anggota Pramuka Penegak (Perpegak). 

Kegiatan yang diikuti 241 peserta didampingi 40 orang panitia ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, Kamis-Sabtu (29-31/8/2019) bertempat di lapangan bola desa Lebak Pracimantoro.

Kamabigus SMAN 1 Pracimantoro, kak Nursahid dalam amanat upacara pembukaan Perpegak menyampaikan apresiasi kepada panitia dan peserta atas terlaksananya kegiatan perkemahan ini.

"Berbagai serangkaian kegiatan menyemarakkan HUT kemerdekaan RI telah dilaksanakan dengan baik oleh seluruh warga sekolah. Walau dalam keadaan capek semua dapat dilalui dan menghasilkan prestasi yang membanggakan," ungkapnya.

Dikatakannya, kedepan tantangan semakin berat namun harus dihadapi dengan optimis, kekompakan, saling peduli satu sama lainnya. Seperti serangkaian kegiatan perkemahan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Kami berharap tujuan dari perkemahan ini dapat tercapai yaitu membina dan mengembangkan pengetahuam serta membentuk kepribadian insan bertakwa dan bertanggung jawab," harapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pembentukan kerakter dan watak peduli, mandiri dan menekankan kerukunan dan persatuan melalui perkemahan ini selanjutnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berefek terciptanya kerukunan dan persaudaraan diantara sesama Pramuka maupun sesama gugus depan sekolah lain.

"Saya yakin dengan bertanggung jawab pada masa depan sendiri, membagi waktu tenaga dan pikiran mengasah ketrampilan, watak dan pengetahuan mampu menyelesaikan pekerjaan kognitif secara mudah sebab sudah terbiasa terlatih sikap dan mental," ujarnya.

Dalam upacara pembukaan Perpegak juga dilaksanakan upacara adat Ambalan dengan prosesi penancapan keris. Selain itu pemukulan gong dan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Kamabigus sebagai tanda dibukanya Perpegak. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top