SMAN 1 Manyaran Adakan Lomba Memasak Daging Kambing

Print Friendly and PDF

Siswa SMAN 1 Manyaran sedang memasak daging kambing.
Tim juri saat menilai lomba hasil masakan daging kambing siswa.   

SMAN 1 Manyaran Adakan Lomba Memasak Daging Kambing

Wonogiri-majalahlarise.com-Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam khususnya pelajar memberikan pembelajaran akhlak dan nilai-nilai karekter yang baik dari ketelanadan pergorbanan nabi Ibrahim dan nabi Ismail.

Hal itu dikatakan oleh Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd disela-sela pelaksanaan pemotongan hewan korban di halaman sekolah setempat. Senin pagi (12/8/2019).

Menurutnya dengan memiliki jiwa berkorban meniru nabi Ibrahim dan nabi Ismail dalam kisah yang terdapat dalam Al Quran surat Ash-Shaaffaat ayat 100-103 merupakan salah satu pembinaan generasi muda. Selain itu, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt.

"Kita sebagai manusia diberi nikmat yang banyak hingga tidak mampu menghitungnya. Makanya diperintahkan Allah menunaikan sholat untuk TuhanMu dan berkorbanlah. Berkorban itu perintah Allah. Berkorban macam-macam bisa dengan harta, jiwa, tenaga, pikiran," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada keteladanan dari nabi Ismail yang bisa diambil pelajaran yaitu sebagai anak sholeh apa yang diperintahkan oleh orang tua asalkan tidak bertentangan dengan agama harus dilaksanakan.

"Selain berkorban juga diperintahkan untuk mendirikan sholat maka SMAN 1 Manyaran menekankan terus kepada seluruh siswa dan guru melaksanakan sholat berjamaah. Karena generasi yang buruk salah satu cirinya adalah meninggalkan sholat," katanya.

Kemudian disampaikannya, SMA Negeri 1 Manyaran pada Idul Adha tahun ini memotong tiga kambing yang dagingnya dimasak dan dimakan bersama seluruh warga sekolah.

"Kita juga mengadakan memasak daging kambing bagi peserta didik dilombakan antar kelas," ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top