Jambore Ranting Manyaran Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Akan Datang

Print Friendly and PDF

Peserta Jambore Ranting saat mengikuti kegiatan pentas seni. 
Jambore Ranting Manyaran Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Akan Datang

Wonogiri-majalahlarise.com-Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-58 tahun 2019, Kwartir Ranting 12/08  kecamatan Manyaran, Wonogiri menyelenggarakan perkemahan Jambore Ranting yang diikuti Pramuka Penggalang tingkat SD/MI dan SMP selama tiga hari dua malam, Senin-Rabu (12-14/8/2019)  bertempat di lapangan bola Karanglor Manyaran.

Ketua Kwartir Ranting kecamatan Manyaran, kak Ngadi menyampaikan
kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini merupakan imbas atau program nasional dari tingkat daerah sampai tingkat ranting bertujuan pembentukan karakter generasi akan datang yang dimulai dari Gugus Depan.

"Pramuka merupakan pilar generasi muda yang terbangun karakternya. Sehingga kegiatan Jambore Ranting tidak semata-mata hura hura tetapi sudah terencana dengan maksud dan tujuan melestarikan pembentukan karakter generasi yang akan datang sesuai program pemerintah.

Lebih lanjut diungkapkan, tahun ini peserta dari Gugus Depan Penggalang putra berjumlah 27 regu terdiri 5 regu dari SMP dan 22 regu dari SD/MI. Sedangkan Penggalang putri 30 regu terdiri 5 regu dari SMP dan 25 regu dari SD/MI.

"Kegiatan selama Jambore secara umum berupa kegiatan perkemahan, pendidikan, bersih desa, dan kegiatan khusus yang sudah tersusun dalam beberapa kegiatan yang bersifat mendidik," katanya.

Kemudian dijelaskan, kegiatan secara khusus terdiri dari pos-pos kegiatan seperti ajang sana, ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing, kegiatan api unggun, pentas kreasi, pos semaphore, pos tafsir tinggi, pos pionering, kegiatan penyuluhan penyelamatan bencana gempa, penyuluhan tentang pertolongan pertama, pawai ria, keamanan dan menyimpul regu tergiat berupa hasil kegiatan yang dilakukan tanggal 14 Agustus 2019. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top