Sinergi Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Semar dan Pemerintah Desa Jimbar Terapkan Inovasi Jam Belajar Masyarakat

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Surakarta Semar (Sinergi Elemen Masyarakat) melaksanakan programndengan tajuk Gambar (Gerakan Jimbar Belajar).

Sinergi Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Semar dan Pemerintah Desa Jimbar Terapkan Inovasi Jam Belajar Masyarakat

Wonogiri-majalahlarise.com-Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Surakarta menginisiasi launching penyelenggaraan program jam belajar bagi masyarakat Desa Jimbar, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Pelaksanaan program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Jimbar dan Mahasiswa KKN Mandiri IAIN Surakarta Semar (Sinergi Elemen Masyarakat) dengan tajuk Gambar (Gerakan Jimbar Belajar).

Acara ini dimulai sore hari, diawali dengan latihan karawitan anak-anak, latihan menari, kegiatan bimbingan belajar, dan pelatihan pembuatan kerajinan gelang.

Gerakan ini merupakan program kerja dari KKN Mandiri Semar sekaligus menyambut baik terbentuknya Perdes Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat Desa Jimbar dan ditetapkannya peraturan tersebut,

Kepala Desa Jimbar, Sutrisno, S.Sos menuturkan penerapkan jam wajib belajar keluarga mulai jam 17.30 WIB sampai jam 19.00 WIB, dengan mewajibkan masyarakat untuk mematikan televisi dan handphone.

Selain itu penerapan jam belajar masyarakat, Program Gambar juga terdiri bimbingan belajar selama periode KKN, untuk anak-anak di 7 dusun di Desa Jimbar secara berkeliling.

"Tujuan utama baik Kepala Desa dan Mahasiswa KKN Mandiri Semar selaras, yakni mewujudkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan kehati-hatian terhadap pengaruh negatif media, baik televisi maupun handphone," katanya. Sabtu (20/7/2019).

Koordinator Tim Inovasi Desa Kecamatan Pracimantoro, Eko Pranowo, M.Pd menuturkan pemberlakuan program ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi untuk desa-desa lain dalam berinovasi untuk membangun Wonogiri.

Ketua pelaksana, Evril Syahrial yang juga mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf menyampaikan KKN yang dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 3 Juli - 2 Agustus 2019 ini bertujuan dapat memberi kontribusi sekecil apapun kepada masyarakat Desa Jimbar, bersinergi dan membaur dengan masyarakat, serta membentuk generasi muda yang berilmu serta berakhlak mulia. (Sofyan)


1 komentar:


Top