Pesta Panen Lele dan Panen Cabai di SMAN 1 Manyaran

Print Friendly and PDF

Siswa dan guru SMAN 1 Manyaran saat panen lele. 
Kepala SMAN 1 Manyaran dan Guru saat sedang memetik cabai di samping kolam lele. 
Pesta Panen Lele dan Panen Cabai di SMAN 1 Manyaran

Wonogiri-majalahlarise.com-Apa yang diperbuat pasti akan menuai hasilnya begitu pula yang dilakukan oleh SMAN 1 Manyaran melalui program sekolah Adiwiyata mendapatkan hasil bermanfaat bagi warga sekolah yakni memanen lele dan cabai. Jumat (19/7/2019) di kolam dan kebun sekolah.

Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd menyampaikan panen lele ini merupakan program Adiwiyata dengan pemanfaatan sisa air wudhu ditampung untuk budidaya lele. Ada dua kolam lele berukuran 2x3 meter. Disamping kolam juga ditanami tanaman lombok yang saat ini siap dipanen.

"Panen lele ini untuk kedua kalinya. Panen lele pertama dengan bibit 400 lele digunakan untuk konsumsi acara halal bi halal beberapa waktu lalu. Sedangkan hari ini tahap dua dengan 250 bibit lele untuk program Jumat kenyang sehingga hasil budidaya lele untuk civitas akademika SMAN 1 Manyaran," terangnya.

Ditambahkan Suprapto, setelah panen lele ini kemudian lele dimasak bersama-sama dari masing-masing kelas dan masing-masing anggota Perpegak (Perkemahan Penegak) yang dilaksanakan sejak kemarin.

"Bapak dan ibu guru juga memasak untuk konsumsi bersama akan dimakan bersama dengan warga sekolah di tempat yang sudah ditentukan," ujarnya.

Kemudian, pihaknya mengatakan tidak hanya lele yang dimanfaatkan akan tetapi air dari kolam lele untuk penyiraman tanaman sayuran dan tanaman lainnya.

"Selain panen lele, kami juga panen cabai jadi tidak usah beli cabai untuk buat sambalnya. Kalau beli cabai saat ini harganya mahal. Sehingga lebih hemat biaya. Harapannya semoga kedepannya lebih baik lagi," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top