124 Siswa Baru SMAN 1 Manyaran Ikuti MPLS Tahun 2019/2020

Print Friendly and PDF

Salah satu guru, Pancarukmi, S.Pd saat memandu siswa menyanyikan lagu mars SMAN 1 Manyaran.


Sebanyak 124 siswa baru mengikuti MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020.

124 Siswa Baru SMAN 1 Manyaran Ikuti MPLS Tahun 2019/2020


Wonogiri-majalahlarise.com-Menyanyikan lagu mars SMAN 1 Manyaran merupakan salah satu cara mengenalkan sekolah melalui lagu kepada 124 siswa baru dalam kegiatan hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru SMAN 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Selain lagu mars SMA, siswa juga diajak menyanyi lagu-lagu nasional maupun daerah yang dipandu oleh guru, Pancarukmi, S.Pd. Senin (15/7/2019) bertempat di Aula sekolah setempat.

Ketua MPLS sekaligus Waka Kesiswaan SMAN 1 Manyaran, Rudi Hartono, S.Pd mengatakan kegiatan menyanyikan lagu mars SMA, lagu-lagu Nasional maupun daerah merupakan materi tambahan dari sekolah selain materi wajib yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam kegiatan MPLS.

"Materi wajib diantaranya kurikulum 2013 SMA, wawasan wiyata mandala, kesadaran berbangsa dan bernegara, pembinaan agama di sekolah, belajar efektif, tata krama siswa, dan Pramuka," terangnya.

Sedangkan materi tambahan, menurut Rudi Hartono antara lain penyajian meteri sekolah adiwiyata teori dan praktik, Organisasi Siswa Intra Sekolah,  kegiatan ektrakurikuler, tata upacara bendera dan baris berbaris, pengenalan pemanfaatan sarpras sekolah, keakraban OSIS.

"MPLS dilaksanakan mulai hari Senin, 15 Juli 2019 sampai hari Rabu, 17 Juli 2019. Dilanjutkan kegiatan Perpegak oleh Dewan Ambalan. Harapannya melalui MPLS ini siswa baru mengenal kehidupan di lingkungan sekolah serta menyatu dengan warga sekolah dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti belajar mengajar," terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd menyampaikan dalam MPLS ini siswa diberi wawasan dan pengetahuan tentang sekolah Adiwiyata. Sehingga siswa baru dapat terlibat langsung dalam kepedulian terhadap lingkungan sekolah khususnya dan lingkungan di rumah maupun masyarakat nantinya.

"Pada hari Jumat besok, siswa kita ajak untuk panen lele bersama-sama hasil dari pengelolaan program sekolah Adiwiyata di SMAN 1 Manyaran," ucapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top