Universitas Diponegoro Juara Terbaik KDMI 2019 LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah

Print Friendly and PDF

Para pemenang KDMI 2019 LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah saat foto bersama usai menerima tropi kejuaraan. 
Universitas Diponegoro Juara Terbaik KDMI 2019 LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah

Sukoharjo-Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil meraih juara satu dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2019 LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah setelah mengalahkan Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang pada grand final. Jum'at (28/6/2019). Bertempat di Univet Bantara Sukoharjo.

Sesuai peraturan yang telah ditetapkan dalam kompetisi, juara satu (Undip) dan juara dua (Unisula) berhak melenggang ke tingkat nasional dalam lomba yang sama mewakili Jawa Tengah di Jakarta pada Juli mendatang.

Sedangkan juara tiga diraih Universitas Sebelas Maret Surakarta dan juara empat ditempati Universitas Ngudi Waluyo.

Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VI Jawa Tengah, DYP Sugiharto mengatakan KDMI merupakan agenda nasional yang diharapkan mampu membekali sekaligus menempa mahasiswa agar memiliki softskill yang lebih hebat, lebih handal sehingga saat terjun di tengah masyarakat memiliki ketrampilan yang komperhensif baik hardskill maupun softskillnya.

"Melalui debat ini keterampilan percaya diri, kemampuan membangun nalar, kemampuan mengkomunikasikan ide sampai kemampuan berkolaborsi dikompetisikan. Harapannya penambahan, peningkatan, pembekalan kompetensi yang utuh terhadap lulusan perguruan tinggi," terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan, dilihat dari kuantitas Perguruan Tinggi sebanyak 257 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Tengah yang mengikuti KDMI peserta kali ini ada 28 perguruan tinggi. Pihaknya mengaku perlu adaya upaya sosialisasi lagi agar lebih meningkat dilihat kuantitas belum seperti yang diharapkan.

"Faktornya antara lain kurangnya komunikasi lebih awal sehingga banyak yang belum siap mendaftar. Kami akan koreksi untuk mengkomunikasikan lebih awal lagi," jelasnya,"

Ditambahkan DYP Sugiharto, lewat forum ini mengucapkan terimakasih kepada Univet dan Yayasan yang sudah menjadi penyelenggara KDMI yang kedua ini.

Sementara itu, Ketua YPPP Veteran Sukoharjo, Bambang Margono menyampaikan selalu siap jika LLDIKTI  mengajak berkolaborasi dalam segala kegiatan untuk kepentingan mahasiswa.

"Kalau sering kita diajak kegiatan dan dihadiri teman mahasiswa akan lebih dikenal lagi univet. Apa kekurangan dari Univet akan membenahi lagi untuk lebih bagus  di waktu yang akan datang," ujarnya. (Sofyan)


1 komentar:


Top