SMA Negeri 1 Manyaran Panen Kacang Tanah

Print Friendly and PDF

Guru dan siswa SMAN 1 Manyaran sedang memetik kacang hasil panen program Sekolah Adiwiyata.

SMA Negeri 1 Manyaran Panen Kacang Tanah

Wonogiri-majalahlarise.com-Program sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di SMAN 1 Manyaran mulai membuahkan hasil dan manfaat. Dari pantauan majalahlarise.com ketika berada di sekolah yang terletak di dusun Pageyan, Desa Bero, Kecamatan Manyaran, siswa dan guru sedang asyik memetik hasil panen kacang tanah yang ditanam di kebun sekolah. Kamis (20/6/2019).

Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd menyampaikan panen hasil tanaman kebun sekolah salah satu wujud dari pelaksanaan revolusi hijau program Adiwiyata yaitu peningkatan produksi pangan melalui produksi hasil pertanian.

"Revolusi ada tiga yaitu revolusi hijau, revolusi biru dan revolusi putih. Revolusi hijau melalui pertanian, revolusi biru melalui laut, revolusi putih melalui mikro organisme misalnya pembuatan tempe dan sejenisnya. Kalau kita melaksanakan yang revolusi hijau," terangnya.

Lebih lanjut, Suprapto mengatakan dalam revolusi hijau sekolah menanam berbagai tanaman diantaranya jagung, sayuran, cabai, kacang, umbi-umbian.

"Saat ini hasil yang dipanen kacang tanah hasilnya bagus. Bapak ibu guru dengan melibatkan siswa yang menanam," ungkapnya.

Salah satu siswa, Syahrul Hidayat mengaku senang bisa ikut memanen hasil tanaman sekolah. "Kegiatan seperti ini jarang sekali dilakukan sekolah dan perlu ditingkatkan lagi karena melalui kegiatan ini melatih kebersamaan siswa namun dalam nuansa berbeda yang cukup langka yaitu memanen kacang bersama.

Sementara itu, guru SMAN 1 Manyaran, Jarot Kurniawan berujar kegiatan memanen ini hasil memanfaatkan lahan sekolah menjadi lahan produktif. Selain itu salah satu upaya untuk menempa siswa belajar pertanian, mandiri, wirausaha sendiri, dan mencintai tanah air. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top