SMAN 1 Sidoharjo Penilaian Akhir Tahun Menggunakan Aplikasi Android

Print Friendly and PDF

Peserta didik SMAN 1 Sidoharjo saat mengerjakan soal penilaian akhir tahun menggunakan aplikasi android
Aplikasi android yang digunakan untuk mengerjakan soal penilaian akhir tahun. 

SMAN 1 Sidoharjo Penilaian Akhir Tahun Menggunakan Aplikasi Android

Wonogiri-majalahlarise.com-Penilaian akhir tahun  pelajaran 2018/2019 siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sidoharjo menggunakan aplikasi handphone android. Langkah ini dilakukan sekolah dalam upaya memanfaatkan handphone android secara optimal, waktu pelaksanaan relatif singkat serta menghemat biaya. Dilaksanakan Senin-Rabu (20-29/5/2019).

Hal itu disampaikan Kepala SMAN 1 Sidoharjo, Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan penilaian akhir tahun menggunakan handphone android.

"Tahun lalu soal dikerjakan berbasis komputer di laboratorium komputer. Tahun ini menggunakan handphone android dikerjakan di kelas. Tiap kelas dipasang router atau akses point disambungkan dengan server. Peserta didik tinggal login menggunakan wifi di kelas masing-masing. Soal akan dimunculkan sesuai jadwal yang berlaku pada jam tes," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan
menggunakan tes moda android tidak ada penambahan sesi. Sesi yang ditetapkan dua sesi dan pengawas yang ditetapkan sama. Untuk soal esai pada jawaban-jawaban singkat tetap menggunakan kertas yang sudah disediakan panitia. Soal PAT sudah ada dalam moodle.

"Peserta didik sebelumnya harus mendownload aplikasi zambrow tidak terlalu banyak makan memori 1,7 Mb. Selanjutnya peserta didik menyambungkan handphone dengan signal wifi kelas masing masing dengan empat akses point. Setelah tersambung klik aplikasi zambrow memasukkan IP yang sudah diberikan admin," terangnya.

Selanjutnya ditambahkan, Dr Uswatun peserta didik memasukkan user name dan password untuk melihat soal-soal yang aktif.

"Kita sudah memasukkan semua soal namun diaktifkan satu persatu sesuai jadwal yang berlaku pada saat itu. Peserta didik menggunakan handphone yang biasa ia pakai tidak meminjam dikarenakan peserta didik menyimpan pasword kemudian peserta lainnya memakainya ini akan menjadi permasalahan lagi," ungkapnya.

Pihaknya berharap semoga PAT berbasis android yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Sidoharjo dapat memberikan inspirasi bagi SMA lain yang belum memanfaatkan handphone android secara optimal.

"Yakinlah teknologi diciptakan untuk memberi kemudahan. Kami mengucapkan terimakasih kepada tim TIK, bapak ibu guru dan staf tata usaha yang telah berkontribusi untuk mensukseskan pelaksanaan PAT tahun ini," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top