PSPKM Unisri Beri Pelatihan Olahan Aneka Produk Pangan Berbahan Dasar Tepung Mocaf

Print Friendly and PDF

Suasana pelatihan olahan produk pangan berbahan dasar tepung mocaf.

PSPKM Unisri Beri Pelatihan Olahan Aneka Produk Pangan Berbahan Dasar Tepung Mocaf

Solo-majalahlarise.com-Pusat Studi Pangan dan Kesehatan Masyarakat (PSPKM) Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat  Universitas Slamet Riyadi Surakarta berkerjasama dengan PT Tepung Mocaf Solusindo mengadakan kegiatan Workshop dan Pelatihan Olahan produk Mocaf. bertempat di Laboratorium Backery Fakultas Teknologi dan Industri Pangan. Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa anggota Pusat Studi (PSPKM) dan juga 27 UKMK di Surakarta yang memproduksi olahan pangan.

Kepala Pusat Studi Pangan dan Kesehatan Masyarakat, Yustina Wuri Wulandari, STP.,MP, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan mengenalkan tepung mocaf sebagai bahan dasar olahan produk pangan. Selain optimalisasi tepung berbahan dasar produk lokal juga dihasilkan aneka produk pangan yang bebas gluten dan tinggi serat.

"Tepung mocaf merupakan tepung dari singkong yang dibuat menggunakan prinsip modifikasi sel singkong secara fermentasi. Kelebihan tepung mocaf dibandingkan tepung singkong yaitu warnanya lebih putih dibanding  tepung singkong biasanya dan memiliki karakteristik seperti tepung terigu tetapi tidak mengandung gluten. Oleh karena itu tepung mocaf dapat diolah menjadi aneka produk pangan yang biasanya berbahan terigu," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini peserta pelatihan mendapatkan praktek pembuatan cookies dan banana nugget berbahan dasar tepung singkong.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan sehingga UKMK diSurakarta mampu memproduksi inovasi produk pangan berbahan dasar bahan lokal yaitu tepung mocaf, sehingga bukan hanya meningkatkan nilai jual sigkong saja tetapi juga menghasilkan produk pangan yang menyehatkan," pungkasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top