LKP Matematika Indonesia Gelar Seminar Matematika Asyik di Bulan Ramadhan

Print Friendly and PDF

Narasumber seminar, Setiawan saat membimbing siswa menyelesaikan soal matematika. 
Siswa SMP saat mengikuti seminar matematika. 
LKP Matematika Indonesia Gelar Seminar Matematika Asyik di Bulan Ramadhan

Wonogiri-majalahlarise.com-Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Bersamaan dengan bulan tersebut, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia bagi siswa dan siswi tingkat SMP dalam rangka peningkatan dan penguatan kompetensi pendidikan khususnya mata pelajaran matematika. Bertempat di Ballroom hotel Mersita Raya Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Kamis (30/5/2019).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 400-an peserta terdiri dari Siswa dan siswi SMPN 1 Bulukerto, SMPN 2 Bulukerto, SMPN 3 Bulukerto, SMPN 1 Puhpelem, SMPN 2 Puhpelem, SMPN 3 Kismantoro dan Guru-guru pendamping.

Peserta tampak terpukau dan terhanyut mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan materi yang disampaikan oleh Setiawan selaku Narasumber sangat menarik dengan diselingi lagu-lagu matematika, serta berbagai macam doorprize.

“Materi yang disampaikan antara lain teknik berhitung yang praktis, bernyanyi, materi-materi olimpiade matematika, akar pangkat 3, kuadrat, pecahan, dan lain-lain,” ungkap Setiawan.

Pria yang juga Pimpinan LKP Matematika Indonesia ini menambahkan kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia ini sebelumnya diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 19 Mei 2019 yang diikuti oleh siswa/siswi tingkat SMP diantaranya siswa dan siswi SMPN 1 Purwantoro, SMPN 2 Purwantoro, SMPN 3 Purwantoro, SMPN 4 Purwantoro, SMPN 1 Slogohimo, SMPN 2 Slogohimo, SMPN 3 Slogohimo dan Guru-guru pendamping.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Devi Ria Agustina menyampaikan tujuan seminar untuk mengubah image bahwa matematika bukan pelajaran yang menakutkan tetapi merupakan mata pelajaran yang mengasyikkan dan menyenangkan sehingga siswa/siswi akan mencintai matematika serta akan berdampak pada prestasi mereka. Peningkatan dan penguatan kompetensi pada mata pelajaran matematika.

“Seminar ini diharapkan meningkatkan mutu pendidikan Nasional sehingga menghasilkan pendidik dan peserta didik yang berprestasi, cerdas, terampil, berakhlak, mandiri dan berbudaya. Adanya wawasan baru mengenai metode belajar matematika yang mudah dan menyenangkan. Memahami konsep matematika secara akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah,” katanya.

Dalam testimoni, Kepala SMP Negeri 1 Bulukerto, M. Ichwan Effendi mengatakan seminar ini mampu mengubah matematika yang tadinya menakutkan menjadi menyenangkan. Siswi SMP Negeri 1 Puhpelem, Ika Nurfitra mengucapkan terimakasih kepada master Setiawan pelajaran matematikan yang disampaikan sangat bermanfaat memotivasi kita untuk lebih semangat belajar matematika.

Hal senada juga dikatakan Kepala SMP Negeri 2 Bulukerto, Retno Hartini mengaku sangat terkesan luar biasa, hebat dan berharap semoga acara seperti ini tidak hanya sekali dan juga meluas untuk guru.

“Andai terlaksana maka matematika yang saat ini dianggap menakutkan berubah menjadi I Love You Matematika,” ungkapnya.

Selain itu, siswi SMP Negeri 1 Bulukerto, Selvia Marganingrum juga berujar materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan cara penyampaian jelas, mudah dimengerti dan menambah semangat belajar. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top