Lesson Study Tingkatkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa Univet

Print Friendly and PDF

Narasumber, Wakil Rektor 1 Univet, Dr. Herry Agus Susanto saat menyampaikan lesson study.
Lesson Study Tingkatkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa Univet

Sukoharjo-majalahlarise.com-Universitas Veteran Bantara Sukoharjo mengadakan kegiatan Lesson Study dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada empat program studi yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan menghadirkan narasumber Wakil Rektor I, Dr. Herry Agus Susanto. Rabu (23/5/2019) bertempat di Rumah Makan Embun Pagi Sukoharjo.

Dr. Herry Agus Susanto menyampaikan pelaksanaan lesson study pada empat program studi secara umum telah dilaksanakan secara baik sesuai kaidah lesson study. Namun perlu selalu dilakukan perbaikan dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do), maupun refleksi (See).

“Lesson study merupakan kajian pembelajar yang tujuannya memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peran observer dalam kegiatan ini sangat penting karena dari observer ditemukan semua kejadian dan pengalaman yang terjadi selama proses pembelajaran,” terangnya.

Lebih lanjut, Dr. Herry Agus Susanto berharap pelaksanaan lesson study ini agar dapat dilaksanakan secara rutin agar kompetensi dosen dan mahasiswa meningkat.

Lesson study ini dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dipandu oleh koordinator pelaksana Drs. Krisdianto HP yang diawali pemaparan hasil dan perkembangan pelaksanaan lesson study dari masing-masing program studi.

Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh Dewi Kusumaningsih, S.S, M.Mum menyampaikan pelaksanaan lesson study untuk mata kuliah Micro Media Pembelajaran dan Teacing. Annisa Prima Excata, M.Pd dari program studi pendidikan matematika mengemukakan pelaksanaan lesson study untuk mata kuliah Media dan Workshop serta Micro Teaching. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh Nurarti Kurnia Sari, M.Pd menyampaikan Sosiologi Pendidikan dan Micro Teaching dan Pranichayudha Rohsulina, S.Pd, M.Pd dari program studi Pendidikan Geografi memaparkan pelaksanaan lesson study mata kuliah mecro teaching dan Sistem Informasi Geografis. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top